Pengaruh Negatif Trend Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium UINSU Medan

Authors

  • Zhahirul Zhahirul Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Ilham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Ravi Dzulhijj Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i3.1159

Keywords:

Trend, Media Sosial, Motivasi

Abstract

Latar Belakang: Kemajuan teknologi telah memudahkan semua kalangan dalam mengakses Internet. Salah satu persembahan internet adalah media sosial. Kita melihat banyak tren positif dan negatif dari media sosial. Penelitian ini fokus terhadap dampak negatif tren yang ada di media sosial terhadap motivasi belajar siswa.

Tujuan:  Tujuan penelitian ini dibuat guna mengetahui pengaruh yang diberikan tren-tren di media sosial dalam motivasi belajar siswa.

Metode: Dalam penulisan penelitian ini, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif, yaitu metode yang menggunakan pemaparan atau penggambaran mengenai situasi atau kondisi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif.

Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa tren media sosial mempengaruhi motivasi belajar siswa. Salah satu yang sedang tren di media sosial adalah modifikasi sepeda motor mereka. Banyak siswa yang membawa sepeda motor ke sekolah memodifikasi sepeda motornya setelah melihat tren di media sosial. Mereka memodifikasi sepeda motor tersebut dengan menggunakan uang saku orang tua mereka. Tujuan awal mereka bersekolah bukan lagi untuk belajar, melainkan mencari uang untuk memodifikasi sepeda motor dan pamer di sekolah.

Kesimpulan: Intinya semua itu disebabkan kurangnya pengawasan dan bimbingan dari lingkungan terdekat siswa: orang tua dan guru. Orang tua dan guru hendaknya mengajarkan anak untuk menggunakan media sosial dengan bijak. Orang tua dan guru juga perlu memperhatikan aktivitas anak di luar rumah dan sekolah agar dapat membimbingnya ke arah yang benar

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Zhahirul, Z., Ilham, M. ., & Ravi Dzulhijj, M. . (2024). Pengaruh Negatif Trend Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium UINSU Medan. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(3), 265–270. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i3.1159