The Insecurities: Fenomena Konsep Diri Akibat Pola Asuuh Orang Tua
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i1.1181Abstract
Latar Belakang : Pola asuh orang tua dalam keluarga berarti kebiasaan orang tua, ayah dan atau ibu, dalam memimpin, mengasuh dan membimbing anak dalam keluarga Pada penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua dapat berpengaruh terhadap kepercayaan diri seorang anak. Sehingga orang tua perlu memperhatikan dan menerapkan pola asuh yang tepat kepada anaknya.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena konsep diri akibat pola asuh orang tua serta mengidentifikasi hal-hal yang menjadi faktor pemicu terjadina insecure di kalangan remaja.
Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dapat dilakukan dalam berbagai setting, sumber, dan cara.
Hasil: Dukungan dari orang tua berpengaruh terhadap kepercayaan diri untuk menunjukan kemampuan yang dimiliki di hadapan orang lain. Dan orang tua yang selalu mengajarkan untuk bersyukur terhadap kelebihan dan kekurangan yang dimiliki diri sendiri memberikan pengaruh lebih untuk meminimalisir tumbuhnya rasa insecure
Kesimpulan : Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua dapat berpengaruh terhadap kepercayaan diri seorang anak. Sehingga orang tua perlu memperhatikan dan menerapkan pola asuh yang tepat kepada anaknya.
References
Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan; Pendekatan Psikologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: Pt. Refika Aditama.
Ahdiah, I. (2013). Peran- Peran Perempuan dalam Masyarakat. Jurnal Academia, 5(2), 1091-1092.
Ain, F. H. (2018). Hubungan antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim
Apriantika, S. G. (2103). Sosiaiasasi Keluarga dalam Kesetaraan Gender pada Masyarakat Desa Sikimpul Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Aprilianti, A., Mudjiran, & Ridha, M. (2016). Hubungan Konsep Diri dengan Tingkah Laku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Indonsia, 2 (2), 28-29.
Azzahra, Alma A., Shamhah, H., Kowara, Nadira P., & Santoso, Meilanny B. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 461-472.
Cimi, A., Erlyani, N., & Rahmayanti, D. (2013). Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Anak. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 1(1), 57-63.
Larasani, N., Yeni, I., & Mayar, F. Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Keprcayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2368-2374.
Mutrofin, I. (2014). Hubungan antara Kecenderungan Pola Asuh Demokratis dengan Konsep Diri Remaja Tuna Daksa di Panti Rehabilitasi. Skripsi, UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Muthuri, R. N., & Arasa, J. N. (2017). Gender Differences in Self-Concept Among a Sample of Students of the United States International University in Africa. Annals of Behavioural Science, 3(2), 9.
Nirwana. (2013). Konsep Diri, Pola Asuh Orang Tua Demokratis, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Psikologi Indonesia, 159.
Putra, Gusti J., & Usman. (2019). Konsep Diri pada Pasien Luka Kaki Diabetik. CV. Kanaka Media: Sidoarjo.
Wardhani, Niniek K., Widyorini, E., & Roswita, Maria Y. (2022). Negative Parenting dan Insecure Attachment dengan Perilaku Distruptive pada Remaja. Jurnal Psikologi, 18(1), 25-32.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kamila Majazeta Yusrina, Najmii Ula Aliffah, Mina Holilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.