Energi Bersih Dan Terjangkau Dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Authors

  • Dheti Puspita Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i3.1245

Keywords:

energi, pembangunan berkelanjutan, potensi energi

Abstract

Latar Belakang : Indonesia memiliki banyak potensi energi baru dan terjangkau. Seiring perkembangan zaman pertumbuhan penduduk Indonesia meningkat sehingga kebutuhan energi yang diperlukan juga meningkat. Kebutuhan energi primer telah menyebabkan perubahan ekosistem karena untuk mendapatkan bahan sumber energi primer dari fosil (minyak bumi, batubara, dan gas alam) dilakukan penambangan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, Indonesia harus memanfaatkan potensi-potensi energi yang dimiliki guna mengupayakan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yaitu pada tujuan ke tujuh Energi Bersih dan Terjangkau. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan (library research).

Tujuan : Untuk mengetahui potensi sumber energi bersih dan terjangkau dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang telah diagendakan PBB tahun 2030.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan.

Hasil     : Energi bersih dan terjangkau dalam mewujudkan tujuan SDGs.

Kesimpulan : potensi sumber energi bersih dan terjangkau dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs)

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Puspita, D. (2024). Energi Bersih Dan Terjangkau Dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Jurnal Sosial Dan Sains, 4(3), 271–280. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i3.1245