Penggunaan Simbol pada Dongeng Ande-Ande Lumut Karya Tira Ikranegara

Authors

  • Andi Widiono Institut Teknologi Bisnis dan Bahasa Dian Cipta Cendikia Lampung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i6.1391

Keywords:

Simbol, Dongeng , Deskriptif Kualitatif

Abstract

Latar Belakang: Dalam dongeng Ande-Ande Lumut karya Tira Ikranegara ini terdapat beberapa simbol yang harus ditafsirkan atau dimaknai oleh pembaca. Simbol-simbol tersebut perlu ditafsirkan atau dimaknai agar pembaca lebih memahami maksud isi dongeng.

Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap simbol-simbol dalam dongeng "Ande-Ande Lumut Ikranegara Tira karya. Simbol-simbol ini dapat ditemukan melalui elemen intrinsik karakter, tema, latar belakang, gaya, dan pesan yang tidak dijelaskan secara eksplisit maupun implisit (implisit). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori simbol menurut beberapa ahli.

Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data kualitatif deskriptif literatur. Dalam prosedur pengumpulan dan analisis data di atas dilakukan observasi dengan pengamatan langsung, analisis dokumen secara data lisan dan tulis, serta analisis data berupa perencanaan analisis, pengumpulan data, penganalisisan  data, dan kesimpulan data.

Hasil: Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dongeng: "Ande-Ande Lumut Tira karya Ikranegara ada banyak simbol. Simbol-simbol tersebut diciptakan sebagai gambaran ide, pikiran, atau perasaannya. Simbol itulah yang akan ditafsirkan atau dimaknai sendiri oleh pembaca. Simbol dalam karya sastra harus dipahami oleh pembaca agar dapat memahami isi dari sebuah karya sastra khususnya dongeng.

Kesimpulan: Dengan memahami simbol-simbol dalam dongeng, pembaca dapat memahami maksud dan isi dari kisah-kisah ini dengan mudah.

 

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Widiono, A. (2024). Penggunaan Simbol pada Dongeng Ande-Ande Lumut Karya Tira Ikranegara. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(6), 553–561. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i6.1391