Penentuan Asuransi yang Berdampak Sistemik di Indonesia

Authors

  • Wa Ode Tiara Armaliya Universitas Subang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1494

Keywords:

Asuransi Sistemik, Domestic Systemically Important Insurance, D-SIIs, Lembaga Jasa Keuangan Sistemik, Otoritas Jasa Keuangan

Abstract

Latar Belakang: Banyaknya kasus gagal bayar pada industri asuransi beberapa tahun belakangan ini menimbulkan pertanyaan kepada public apakah industri asuransi memiliki dampak yang sistemik tehadap perekonomian seperti banyak diberitakan. Pengukuran risiko sistemik pada industri asuransi dilakukan dengan melakukan adapatasi risiko sistemik menjadi risiko signifikan, karena dampaknya hanya akan dirasakan oleh stakeholder sector tersebut. Sehingga diperlukan sebuah kriteria atau metodologi untuk mengidentifikasi perusahaan asuransi yang memiliki dampak signifikan terhadap industrinya agar pemerintah dapat membuat kebijakan apakah akan melakukan bail-out atau tidak apabila ada perusahaan asuransi tertentu yang terancam default.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kriteria atau metodologi untuk mengidentifikasi perusahaan asuransi yang memiliki dampak signifikan terhadap industri asuransi di Indonesia.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber-sumber literatur seperti buku, jurnal, dan laporan terkait.

 

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kriteria atau metodologi untuk mengidentifikasi perusahaan asuransi yang memiliki dampak signifikan terhadap industri asuransi di Indonesia, yaitu dengan menggunakan konsep Domestic Systemically Important Insurance (D-SIIs).

Kesimpulan: Pemerintah perlu menetapkan kriteria atau metodologi untuk mengidentifikasi perusahaan asuransi yang memiliki dampak signifikan terhadap industri asuransi di Indonesia, sehingga dapat membuat kebijakan yang tepat dalam menangani perusahaan asuransi yang terancam default.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Tiara Armaliya, W. O. (2024). Penentuan Asuransi yang Berdampak Sistemik di Indonesia. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(7), 677–693. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i7.1494