Efektivitas Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Siswa dalam Sistem Pembelajaran

Authors

  • Rosalina Valencia Sapphine Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i8.1514

Keywords:

efektivitas, interpersonal, komunikasi, sistem pembelajaran

Abstract

Latar Belakang: Kunci keberhasilan pendidikan sebagai sebuah proses atau kegiatan pembelajaran adalah kompetensi guru dalam membangun komunikasi dengan siswa untuk menghasilkan efektivitas dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam sistem pembelajaran di Wardaya Colleg.

 

Metode: Penelitian menggunakan metode studi kasus di lembaga pendidikan Wardaya College. Sampel yang diambil adalah 5 guru dari total 26 orang guru dan 11 siswa dari 85 orang siswa. Penelitian mengukur efektivitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam sistem pembelajaran dari berbagai indikator yang diukur yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, kesetaraan. 

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya gap antara pendapat guru dan siswa. Guru merasa telah melaksanakan komunikasi interpersonal yang efektif, termasuk memberikan metode yang mudah dipahami, menunjukkan empati, memberikan dukungan motivasi, bersikap positif, dan menjaga kesetaraan. Namun, beberapa siswa merasa sebaliknya-mereka kesulitan memahami komunikasi guru, tidak merasakan keterbukaan, empati, serta kurangnya konten yang menarik dan apresiasi dari guru. Gap ini menunjukkan perlunya perbaikan di institusi tersebut.

Kesimpulan: Komunikasi interpersonal antara guru dan siswa di Wardaya College masih perlu ditingkatkan untuk mencapai efektivitas yang diharapkan. Temuan ini memberikan implikasi bagi para guru dan lembaga pendidikan untuk memperbaiki strategi komunikasi dalam proses pembelajaran guna mencapai hasil pendidikan yang lebih optimal.

Downloads

Published

2024-08-24

How to Cite

Valencia Sapphine, R. (2024). Efektivitas Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Siswa dalam Sistem Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(8), 810–822. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i8.1514