Efektivitas Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Siswa dalam Sistem Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i8.1514Keywords:
efektivitas, interpersonal, komunikasi, sistem pembelajaranAbstract
Latar Belakang: Kunci keberhasilan pendidikan sebagai sebuah proses atau kegiatan pembelajaran adalah kompetensi guru dalam membangun komunikasi dengan siswa untuk menghasilkan efektivitas dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam sistem pembelajaran di Wardaya Colleg.
Metode: Penelitian menggunakan metode studi kasus di lembaga pendidikan Wardaya College. Sampel yang diambil adalah 5 guru dari total 26 orang guru dan 11 siswa dari 85 orang siswa. Penelitian mengukur efektivitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam sistem pembelajaran dari berbagai indikator yang diukur yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, kesetaraan.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya gap antara pendapat guru dan siswa. Guru merasa telah melaksanakan komunikasi interpersonal yang efektif, termasuk memberikan metode yang mudah dipahami, menunjukkan empati, memberikan dukungan motivasi, bersikap positif, dan menjaga kesetaraan. Namun, beberapa siswa merasa sebaliknya-mereka kesulitan memahami komunikasi guru, tidak merasakan keterbukaan, empati, serta kurangnya konten yang menarik dan apresiasi dari guru. Gap ini menunjukkan perlunya perbaikan di institusi tersebut.
Kesimpulan: Komunikasi interpersonal antara guru dan siswa di Wardaya College masih perlu ditingkatkan untuk mencapai efektivitas yang diharapkan. Temuan ini memberikan implikasi bagi para guru dan lembaga pendidikan untuk memperbaiki strategi komunikasi dalam proses pembelajaran guna mencapai hasil pendidikan yang lebih optimal.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rosalina Valencia Sapphine
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.