Persepsi Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Tinggi untuk Kaum Perempuan

Authors

  • Maulina Rahmayani Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.169

Keywords:

Persepsi, Masyarakat, Pendidikan Tinggi , Kaum Perempuan

Abstract

Setiap manusia memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan tanpa membeda-bedakan gender. Namun, dalam pendidikan tinggi bagi kaum perempuan masih mendapatkan penilaian yang tidak baik karena anggapan masyarakat mengenai “perempuan tidak perlu sekolah tinggi-tinggi karena ujung-ujungnya di dapur”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi pendidikan kaum perempuan, mendeskripsikan pandangan masyarakat terhadap kaum perempuan yang berpendidikan tinggi dan mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap pentingnya pendidikan tinggi untuk kaum perempuan di Desa Tinapan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah masyarakat, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: Kondisi pendidikan kaum perempuan di Desa Tinapan sekarang sudah mengalami perkembangan dan sekarang pemudi perempuan di Desa Tinapan mulai ada yang meneruskan hingga ke pendidikan tinggi meskipun masih didominasi yang hanya sebatas pendidikan SMA, Masyarakat memandang positif kaum perempuan berpendidikan tinggi dan berharap mereka dapat mengaplikasikan ilmu mereka pada masyarakat dan Masih ada masyarakat yang berpersepsi kaum perempuan tidak penting berpendidikan tinggi dengan alasan kodrat mereka di dapur, namun banyak masyarakat yang berpersepsi pendidikan tinggi penting untuk kaum perempuan karena kelak mereka akan menjadi pendidik bagi anak-anaknya.

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Rahmayani, M. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Tinggi untuk Kaum Perempuan. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(9), 1.031 – 1.038. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.169