Implementasi Kurikulum 2013 PAI dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SDN Pelita Karya dan SDN Cintamarga
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i8.184Keywords:
Implementasi, Kurikulum, Karakter Peserta DidikAbstract
Fenomena dekadensi moral terjadi akibat tidak terkendalikannya kemajuan dari teknologi yang berkembang begitu pesat, selain itu juga pengaruh budaya luar mewarnai terjadinya dekadensi moral. Pengaruh dekadensi moral ini cenderung kapada hal-hal yang negatif. Di sinilah impementasi kurikulum 2013 PAI perlu didesain sesuai dengan kebutuhan. Implementasi kurikulum 2013 PAI menjadi pedoman dalam pembelajaran untuk pembentukan karakter peserta didik. karena kurikulum sifatnya dinamis sesuai dengan kebutuhan, untuk itu perlu adanya kurikulum yang orientasinya pada penanaman sikap baik spiritual maupun sosialnya, dengan kata lain harus dimunculkan pendidikan karakter. Implementasi kurikulum 2013 di dalamnya ada pendidikan karakter. Implementasi kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis kualitatif dengan pendekatan teknik survey. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data. Dari hasil pengamatan dan pembahasan disimpulkan bahawa : (1) Implementasi kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam di kelas VI SD Negeri Pelita Karya Jalancagak Subang dapat dilaksanakan dengan sangat baik, (2) Karakter peserta didik kelas VI SD Negeri Pelita Karya Jalancagak Subang, menunjukkan karakteristik yang baik sampai dengan sangat baik sesuai dengan indikator karakter yang ditetapkan, (3) setelah diterapkan kurikulum 2013, perubahan perilaku peserta didik menunjukkan perubahan yang signifikan, (4) Fakor faktor penghambat di SD Negeri Pelita Karya dalam implementasi kurikulum 2013 adalah ketersediaan waktu dan sarana pembelajaran yang sangat terbatas.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sukini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.