Peran Ibu dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar di SDN 4 Jekulo
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.210Keywords:
Peran Ibu, Bahasa Anak Usia SD, SD N 4 JekuloAbstract
Ibu merupakan sosok utama yang paling berperan dalam mengembangkan bahasa anak bahkan sosok pertama yang menjadi sumber pemerolehan bahasa oleh anak. Di SDN 4 Jekulo terdapat berbagai perbedaan penyampaian bahasa oleh sejumlah anak yang dipengaruhi beberapa faktor salah satunya peran ibu. Peran Ibu merupakan tingkah laku seseorang sesuai kedudukannya sebagai ibu yang memberikan perlakuan kepada keluarganya. Bahasa merupakan salah satu alat untuk berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dengan fokus penelitian anak usia SD dan ibu dilaksanakan di SDN 4 Jekulo yang berada di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi serta pencatatan. Dengan menggunakan analisis data interaktif yang meliputi tahapan reduksi, penyajian, dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini yaitu Ibu berperan dalam perkembangan bahasa anak. Ibu yang berperan dengan baik (berperan aktif) dalam perkembangan bahasa anak, maka anak memiliki kemampuan bahasa yang baik. Begitu pula sebaliknya. Ibu yang kurang berperan (berperan pasif) maka anak memiliki kemampuan bahasa yang kurang. Bentuk peran Ibu dalam perkembangan bahasa anak yakni sebagai pendamping (mendampingi anak setiap melewati tahap perkembangan bahasa), sebagai pembimbing (membimbing anak dengan mengajarkan berbagai aspek bahasa), sebagai fasiltator (menyediakan segala kebutuhan anak untuk menunjang perkembangan bahasanya), sebagai motivator (mendukung anaknya dengan menyemangati untuk terus membaca dan mempelajari bahasa), sebagai contoh (memberikan contoh bagaimana pengucapan kata dan penggunaan kalimat yang benar), dan sebagai organizer (mengatur waktu anak setiap harinya termasuk ketika membaca buku bacaan, dan berbagai hal lain yang menambah kemampuan bahasa anak).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Farah Nur Nabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.