Syaikh Muhammad Husein bin Abdul Gani Al Falimbani (1319-1399 H) dan Kontribusinya dalam Pendidikan Perempuan

Authors

  • Dinar Zul Akbar Universitas Islam Madinah

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i11.27925

Keywords:

Muhammad Husein Falimbani, Madrasah Al Fatah Al Ahliyah Mekkah, Pendidikan, Islam, Ulama Nusantara

Abstract

Latar Belakang: Penelitiaan ini membahas tentang Syaikh Muhammad Husein bin Abdul Gani dan perannya dalam dunia pendidikan islam terutama pendidikan perempuan.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap peran Syaikh Muhammad Husein Falimbani dalam mendirikan Madrasah Al Fatah Al Ahliyah di Mekkah, serta menganalisis relevansi prinsip keadilan Islam yang diterapkannya dalam memberikan akses pendidikan setara bagi perempuan.

Metode: Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif.

Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan, sebagai seorang cendikiawan, Syaikh Muhammad Husein Falimbani adalah sosok ulama yang mumpuni. Ia menjadi pengajar di beberapa sekolah milik pemerintah dan juga pengajar di Masjidil Haram. Kontribusi Syaikh Muhammad Husein Falimbani yang paling terlihat adalah Madrasah Al Fatah Al Ahliyah sebuah sekolah khusus perempuan. Dengan dedikasinya dan komitmennya yang tinggi ia mendirikan sekolah tersebut. Hal tersebut didorong oleh asas keadilan dalam islam bahwa setiap orang baik laki-laki atau perempuan mendapatkan hak yang sama untuk memperoleh pendidikan.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran Syaikh Muhammad Husein Falimbani menjadi inspirasi penting dalam upaya mendorong pendidikan perempuan di dunia Islam. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan model nyata bagaimana pendidikan perempuan dapat diimplementasikan melalui dedikasi ulama dan dukungan komunitas, yang relevan untuk pengembangan pendidikan di berbagai wilayah lainnya.

Downloads

Published

2024-11-27

How to Cite

Zul Akbar, D. (2024). Syaikh Muhammad Husein bin Abdul Gani Al Falimbani (1319-1399 H) dan Kontribusinya dalam Pendidikan Perempuan. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(11), 1177–1188. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i11.27925