Syaikh Muhammad Husein bin Abdul Gani Al Falimbani (1319-1399 H) dan Kontribusinya dalam Pendidikan Perempuan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i11.27925Keywords:
Muhammad Husein Falimbani, Madrasah Al Fatah Al Ahliyah Mekkah, Pendidikan, Islam, Ulama NusantaraAbstract
Latar Belakang: Penelitiaan ini membahas tentang Syaikh Muhammad Husein bin Abdul Gani dan perannya dalam dunia pendidikan islam terutama pendidikan perempuan.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap peran Syaikh Muhammad Husein Falimbani dalam mendirikan Madrasah Al Fatah Al Ahliyah di Mekkah, serta menganalisis relevansi prinsip keadilan Islam yang diterapkannya dalam memberikan akses pendidikan setara bagi perempuan.
Metode: Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif.
Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan, sebagai seorang cendikiawan, Syaikh Muhammad Husein Falimbani adalah sosok ulama yang mumpuni. Ia menjadi pengajar di beberapa sekolah milik pemerintah dan juga pengajar di Masjidil Haram. Kontribusi Syaikh Muhammad Husein Falimbani yang paling terlihat adalah Madrasah Al Fatah Al Ahliyah sebuah sekolah khusus perempuan. Dengan dedikasinya dan komitmennya yang tinggi ia mendirikan sekolah tersebut. Hal tersebut didorong oleh asas keadilan dalam islam bahwa setiap orang baik laki-laki atau perempuan mendapatkan hak yang sama untuk memperoleh pendidikan.
Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran Syaikh Muhammad Husein Falimbani menjadi inspirasi penting dalam upaya mendorong pendidikan perempuan di dunia Islam. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan model nyata bagaimana pendidikan perempuan dapat diimplementasikan melalui dedikasi ulama dan dukungan komunitas, yang relevan untuk pengembangan pendidikan di berbagai wilayah lainnya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dinar Zul Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.