Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang Terhadap Pelanggan Ekspedisi J&T
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i4.32157Keywords:
Service quality, literature review, logisticsAbstract
Pada era globalisasi saat ini, perkembangan dunia bisnis sangat pesat, salah satunya bisnis dibidang ekspedisi. Bisnis ekspedisi merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang layanan pengiriman barang antar kota, antar provinsi, antar pulau, bahkan antar negara. Layanan ekspedisi meliputi pengiriman surat, dokumen berharga, pengiriman barang dengan kapasitas kecil hingga besar. Dimensi kualitas pelayanan pengiriman barang pada pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada ekspedisi J&T. Metode yang digunakan Systematic Literature Review. Hasil review 15 jurnal mengenai dimensi kualitas pelayanan telah memenuhi kriteria di antaranya jurnal 1-15 jurnal yang diterbitkan pada rentang waktu tahun 2017-2022 dan sumber didalamnya mengenai dimensi kualitas pelayanan, indikator pelayanan pelanggan, dan pengaruh positif pelayanan pelanggan pada ekspedisi J&T. Dari hasil yang telah ditelusuri mengatakan bahwa indikator dimensi kualitas pelayanan pengiriman barang pada pelanggan ekspedisi J&T diantaranya adalah fasilitas, harga, kecepatan pengiriman, keamanan pengiriman, tangiable (berwujud), rehability (kehandalan), responsiveness (tanggapan), assurance (jaminan), emphaty (empati), product quality (kualitas produk). Indikator tersebut dijadikan sebagai penunjang dalam menentukan seberapa puas pelanggan terhadap ekspedisi pengiriman J&T. Setiap indikator yang secara keseluruhan memiliki jumlah 10 indikator pada dimensi kualitas pelayanan pengiriman barang pelanggan ekspedisi J&T, secara keseluruhan menghasilkan atau memberikan nilai pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada ekspedisi J&T. Dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan nilai positif dari para pelanggan selama menggunakan ekspedisi J&T.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sulthan An’Nashira, Aam Hamdani, Aulia Zikri Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.