Analisis Pengaruh Dana Abadi Pendidikan Terhadap Kualitas Pendidikan dan Kualitas SDM di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i4.32175Keywords:
Dana Abadi Pendidikan, Kualitas Pendidikan, Sumber Daya Manusia, IPM, PISA, QS World Ranking, Pengelolaan DanaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pengelolaan Dana Abadi di Bidang Pendidikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia, serta mengidentifikasi program-program yang perlu diperbaiki untuk lebih memberikan manfaat. Pemerintah Indonesia telah mengalokasikan Dana Abadi di Bidang Pendidikan sejak 2010 dengan tujuan menciptakan dana yang dapat memberikan manfaat antargenerasi melalui investasi jangka panjang. Dana Abadi ini mencakup Dana Abadi Pendidikan, Dana Abadi Penelitian, Dana Abadi Perguruan Tinggi, dan Dana Abadi Kebudayaan, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM di Indonesia. Meskipun telah ada alokasi dana yang signifikan, hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kesenjangan antara alokasi Dana Abadi dengan peningkatan kualitas pendidikan dasar dan menengah yang tercermin dalam indeks PISA, QS World Ranking, dan IPM Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif untuk menganalisis data dari Laporan Keuangan LPDP, hasil PISA, QS World Ranking, dan IPM, serta jumlah publikasi jurnal yang terindeks Scopus. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun ada peningkatan dalam kualitas pendidikan tinggi, pengaruh Dana Abadi terhadap kualitas pendidikan dasar dan menengah masih terbatas. Oleh karena itu, disarankan untuk memperluas cakupan program Dana Abadi agar mencakup pendidikan dasar dan menengah serta meningkatkan kualitas riset yang relevan dengan kebutuhan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizal Aldrina Ramadhan, Yulistria Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.