Bagaimana Pendidikan Agama Islam Membentuk Akhlak Mulia Anak Sekolah: Sebuah Tinjauan Literatur
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i10.32515Keywords:
akhlak, literature review, pendidikan agama Islam, anak sekolahAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengeksplorasi definisi dan konsep mengenai akhlak mulia menurut para ahli dan penerapan akhlak mulia di sekolah. Penelitian menggunakan metode literature review dengan pendekatan kualitatif dan analisis isi. Sumber data diperoleh dari 10 artikel yang terbit dalam 10 jurnal dalam rentang waktu lima tahun terakhir. Proporsi jurnal disusun dengan urutan terkini menuju kemudian, yaitu: edisi 2024 = 2 (20%), 2023 = 4 (40%), 2022 = 2 (20%), 2021 = 1 (10%), dan 2020 = 1 (10%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak ialah sifat dan perilaku spontan tanpa dipikirkan lebuh dulu yang mencerminkan moral yang baik. Akhlak terdiri dari akhlak terpuji dan akhlak tercela. Dalam Islam, akhlak dimaknai sebagai kerelaan berkurban untuk orang lain. Akhlak yang baik meneladani Nabi Muhammad dan berpedoman pada Al- Quran dan Habis. Pendidikan akhlak dalam pendidikan tercermin dalam pendidikan moral. Pendidikan Agama Islam menjadi pilar pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak dilakukan melalui kebiasaan, latihan, dan lingkungan. Oleh sebab itu PAI sangat penting peranannya untuk menjadi wadah pendidikan akhlak kerpuji bagi siswa pra TK sampai perguruan tinggi.
References
Abnisa, P. A. (2023). Peran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter siswa SMP Paramarta Unggulan Ciputat Tangerang Selatan. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 88–93.
Ali, M. M., Olodo Al-Shafi’i, M. S., & Engku Ibrahim Engku Wok Zin. (2018). Al-Akhlaq (Ethics) perceptions in Islam: A textual interpretation through Imam Muhammad Al-Ghazali. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(10), 315–329.
Balqis, S. S., Sagala, R., & Fakhri, J. (2024). Pembentukan akhlak peserta didik di era disrupsi berbasis pendidikan agama Islam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1046–1057.
Efendy, R., & Irmwaddah. (2022). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa. DIALEKTIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–33.
Fajriati, N. I., & Bahruddin, E. (2021). Peran pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan karakter siswa SMK. Journal of Management in Islamic Education, 2(1), 1–12.
Hudah, N., & Imron, A. (2019). Pandangan Islam tentang akhlak dan perubahan serta konseptualisasinya dalam pendidikan Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 117–134. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.943
Lar, F., & Deckers, J. (2020). Islamic ethics: Exploring its principles and scope. [Journal name not specified].
Maksudin. (2023). Uncovering the moral nexus, morality, akhlaq, and character in Islamic religious education: A comprehensive conceptual analysis. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–15. https://doi.org/10.14421/jpai.v20i1.7028
Manuscript title missing (2023). Islamic ethics: Exploring its principles and scope. [Publication information incomplete].
Manuscript title missing (2024). Akhlāq and subjective well-being: Exploring the mediating role of... [Publication information incomplete].
Munawir, Ariyanti, A., & Mas’uliyyah. (2023). Urgensi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa MI. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 98–104.
Pawestri, D. I. A., & Roziati, E. (2023). Peran pendidikan Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dalam upaya pembentukan akhlak dan karakter. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 5(1), 8–19.
Pendidikan akhlak perspektif Al-Qur’an. (2023). EDUCATIO: Journal of Education, 8(2), 206–214.
Ratnasari, K., Permatasari, D. Y., & Sholihah, M. (2020). Peran pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter sosial dalam bermasyarakat. Falasifa, 11(2), 153–161.
Salisah, K. S., Darmiyanti, A., & Arifudin, F. Y. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di era digital: Tinjauan literatur. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan, 10(1), 36–42.
Sukmawati, E. (2023). Pembentukan akhlak peserta didik di era disrupsi berbasis pendidikan agama Islam. Journal of Education Research, 4(4), 2250–2257.
Supriandi, Badwi, A., Kamaruddin, Ismail, & Basri. (2022). Implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa. Jurnal Al-Qiyam, 3(1), 33–41.
Wasriyani, N. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Inayatushshibyan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Tunas Bangsa, 10(2), 92–104. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i2.2061
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratu Shyma Nareswari Taruna Kusuma, Nurul Izzatis Shofwah, Wulan Kusuma Dewi, M Hafidz Zainul Ichsani, Fatwa Aliffia Hannif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.





