Bagaimana Pendidikan Agama Islam Membentuk Akhlak Mulia Anak Sekolah: Sebuah Tinjauan Literatur

Authors

  • Ratu Shyma Nareswari Taruna Kusuma Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Nurul Izzatis Shofwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Wulan Kusuma Dewi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • M Hafidz Zainul Ichsani Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Fatwa Aliffia Hannif Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i10.32515

Keywords:

akhlak, literature review, pendidikan agama Islam, anak sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengeksplorasi definisi dan konsep mengenai akhlak mulia menurut para ahli dan penerapan akhlak mulia di sekolah. Penelitian menggunakan metode literature review dengan pendekatan kualitatif dan analisis isi. Sumber data diperoleh dari 10 artikel yang terbit dalam 10 jurnal dalam rentang waktu lima tahun terakhir. Proporsi jurnal disusun dengan urutan terkini menuju kemudian, yaitu: edisi 2024 = 2 (20%), 2023 = 4 (40%), 2022 = 2 (20%), 2021 = 1 (10%), dan 2020 = 1 (10%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak ialah sifat dan perilaku spontan tanpa dipikirkan lebuh dulu yang mencerminkan moral yang baik. Akhlak terdiri dari akhlak terpuji dan akhlak tercela. Dalam Islam, akhlak dimaknai sebagai kerelaan berkurban untuk orang lain. Akhlak yang baik meneladani Nabi Muhammad dan berpedoman pada Al- Quran dan Habis. Pendidikan akhlak dalam pendidikan tercermin dalam pendidikan moral. Pendidikan Agama Islam menjadi pilar pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak dilakukan melalui kebiasaan, latihan, dan lingkungan. Oleh sebab itu PAI sangat penting peranannya untuk menjadi wadah pendidikan akhlak kerpuji bagi siswa pra TK sampai perguruan tinggi.

References

Abnisa, P. A. (2023). Peran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter siswa SMP Paramarta Unggulan Ciputat Tangerang Selatan. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 88–93.

Ali, M. M., Olodo Al-Shafi’i, M. S., & Engku Ibrahim Engku Wok Zin. (2018). Al-Akhlaq (Ethics) perceptions in Islam: A textual interpretation through Imam Muhammad Al-Ghazali. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(10), 315–329.

Balqis, S. S., Sagala, R., & Fakhri, J. (2024). Pembentukan akhlak peserta didik di era disrupsi berbasis pendidikan agama Islam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1046–1057.

Efendy, R., & Irmwaddah. (2022). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa. DIALEKTIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–33.

Fajriati, N. I., & Bahruddin, E. (2021). Peran pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan karakter siswa SMK. Journal of Management in Islamic Education, 2(1), 1–12.

Hudah, N., & Imron, A. (2019). Pandangan Islam tentang akhlak dan perubahan serta konseptualisasinya dalam pendidikan Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 117–134. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.943

Lar, F., & Deckers, J. (2020). Islamic ethics: Exploring its principles and scope. [Journal name not specified].

Maksudin. (2023). Uncovering the moral nexus, morality, akhlaq, and character in Islamic religious education: A comprehensive conceptual analysis. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–15. https://doi.org/10.14421/jpai.v20i1.7028

Manuscript title missing (2023). Islamic ethics: Exploring its principles and scope. [Publication information incomplete].

Manuscript title missing (2024). Akhlāq and subjective well-being: Exploring the mediating role of... [Publication information incomplete].

Munawir, Ariyanti, A., & Mas’uliyyah. (2023). Urgensi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa MI. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 98–104.

Pawestri, D. I. A., & Roziati, E. (2023). Peran pendidikan Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dalam upaya pembentukan akhlak dan karakter. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 5(1), 8–19.

Pendidikan akhlak perspektif Al-Qur’an. (2023). EDUCATIO: Journal of Education, 8(2), 206–214.

Ratnasari, K., Permatasari, D. Y., & Sholihah, M. (2020). Peran pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter sosial dalam bermasyarakat. Falasifa, 11(2), 153–161.

Salisah, K. S., Darmiyanti, A., & Arifudin, F. Y. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di era digital: Tinjauan literatur. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan, 10(1), 36–42.

Sukmawati, E. (2023). Pembentukan akhlak peserta didik di era disrupsi berbasis pendidikan agama Islam. Journal of Education Research, 4(4), 2250–2257.

Supriandi, Badwi, A., Kamaruddin, Ismail, & Basri. (2022). Implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa. Jurnal Al-Qiyam, 3(1), 33–41.

Wasriyani, N. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Inayatushshibyan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Tunas Bangsa, 10(2), 92–104. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i2.2061

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Kusuma, R. S. N. T., Shofwah, N. I. ., Dewi, W. K. ., Ichsani, M. H. Z. ., & Hannif, F. A. . (2025). Bagaimana Pendidikan Agama Islam Membentuk Akhlak Mulia Anak Sekolah: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(10), 7546–7553. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i10.32515