Tinjauan Literatur Naratif: Efektivitas Media Game Edukasi dalam Pendidikan Body Safety Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia

Authors

  • Harianjah Batara Allo Rerung Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Guldemir Silvester Bani Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Fadh Mahatva Yudha Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Fatimah Azzahrah Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Etika Amalia Sufian Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i11.32555

Keywords:

Game Edukasi, Body Safety, Anak Usia Dini, Tinjauan Literatur, Pencegahan Kekerasan Seksual

Abstract

Kasus kekerasan seksual pada anak yang terus meningkat di Indonesia menuntut adanya intervensi preventif yang dimulai sejak usia dini, khususnya melalui Pendidikan Seksual (Body Safety). Implementasi di lembaga PAUD/TK menghadapi tantangan signifikan, yaitu minimnya media pembelajaran yang inovatif dan tingkat kesiapan pendidik (guru) yang masih beragam. Media digital interaktif, seperti game edukasi, menawarkan solusi yang selaras dengan prinsip belajar anak usia dini. Narrative Literature Review (NLR) ini bertujuan untuk mensintesis temuan-temuan terkait efektivitas dan tantangan implementasi permainan edukasi atau media digital interaktif dalam meningkatkan pemahaman body safety pada anak usia dini, serta menganalisis implikasinya terhadap upaya pencegahan Child Sexual Abuse (CSA) dalam konteks Indonesia. Tinjauan literatur dilakukan dengan metode naratif (Narrative Review). Pencarian literatur dilakukan melalui database akademik (Google Scholar, Scopus, ScienceDirect, SINTA) menggunakan Boolean Operator yang mengombinasikan konsep anak usia dini, media digital, body safety, dan efektivitas. Empat artikel utama dipilih karena kemampuannya secara sinergis membahas efektivitas kuantitatif dan tantangan implementasi lokal. Sintesis dari literatur menunjukkan bahwa penerapan aplikasi game edukasi terbukti efektif secara kuantitatif dalam meningkatkan pengetahuan anak mengenai pendidikan seks dan identifikasi bagian tubuh. Namun, efektivitas ini dihadapkan pada dua tantangan utama: kesenjangan metode yang menyebabkan rendahnya pemahaman anak, dan pengetahuan, sikap, serta persepsi pendidik yang heterogen mengenai topik tersebut. Peningkatan pemahaman yang didukung oleh media interaktif ini berkorelasi positif dengan potensi anak untuk memiliki keberanian dalam melaporkan (disclosure) kasus kekerasan. Game edukasi merupakan alat yang layak (feasible) dan efektif untuk meningkatkan pemahaman body safety anak usia dini di Indonesia. Keberhasilan implementasi jangka panjang sangat bergantung pada penguatan kesiapan dan pelatihan pendidik serta pengembangan media yang terstandarisasi untuk mengatasi tantangan yang ada.

References

Adawiyah, Baiq Rabiatul, Saswariaji, Bq Ulan, Izzah, Baedatul, & Fadila, Dayang Yunita. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif Math Playground Terhadap Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 475–481.

Adikusuma, M. P., & Maharani, E. A. (2023). Pengetahuan, Sikap, dan Persepsi tentang Pendidikan Seks pada Pendidik Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 312–321. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.511

Agustin, Mubiar, Rahman, Taopik, & Gustiana, Asep Deni. (2025). Game Edukasi: Sukses Pembelajaran Keaksaraan Anak Usia Dini. Deepublish.

Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3613–3628. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2170

Hazairin, H. Raden Avip Hudfi, Pd, M. M., & Pustaka, Detak. (2025). Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Calon Guru dan Guru Pemula Milenial. Detak Pustaka.

Imanda, Riska, Setiawaty, Sri, Muttakin, Muttakin, Afriyani, Mice Putri, & Khairuddin, Khairuddin. (2025). Edukasi Teknologi Digital untuk Mendukung Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(4), 1527–1532.

Ismiulya, F., Diana, R. R., Na'imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582

Jafar, Sakti Musa, & Wahyudi, Wahyudi. (2025). Analisis Yuridis Terhadap Penegakan Hukum Kasus Pelecehan Seksual Oleh Tenaga Medis Di Indonesia. Dialog Legal: Jurnal Syariah, Jurisprudensi Dan Tata Negara, 1(2), 60–67.

Nareswari, Ardha Zahro. (2025). Integrasi Teknologi Informasi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia; Pendekatan Teori Difusi Inovasi M. Rogers. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 129–137.

Octaviani, W. R., Putri, A. T., Rosmalia, A., Astuti, K., Dewi, B. N. S., & Istiningsih, S. (2025). Desain Model Pembelajaran Literasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun Berbasis Teknologi Interaktif Multisensori. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi Dan Gofisika(GeoScienceEd Jurnal). 6 (1), 488-495. DOI.

Pratiwi, M. R., Mukaromah, M., & Subhiyakto, E. R. (2022). Edukasi Seks Pada Anak Usia Dini melalui Media Digital dengan Metode StoryTelling. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 269–278.

Purwanti, Sri, Hasan, Mustaqim, & Pratiwi, Fransisika. (2025). Studi Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Proses Pembelajaran Di Tk Islam Hidayatullah Tulang Bawang. Jurnal Mubtadiin, 11(01).

Putri, Habibah Afiyanti. (2024). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 754–767.

Ratnawati, Rinta, & Lestari, Gunarti Dwi. (2025). Integrasi Teknologi Dalam Difusi Inovasi Pendidikan: Pendekatan Kepemimpinan Kolaboratif Di Era Digital. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(1), 572–583.

Rifky, Muhammad, Darmawan, Muhammad Rifky, Tahir, Muhammad, Suriansyah, Ahmad, & Cinantya, Celia. (2025). Tantangan dan Solusi Implementasi Pembelajaran Tematik di SDN Gunung Batu. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 205–214.

Saputra, Aqmal Maulana. (2025). Problem Psiko-Sosiologis: Menelaah Dampak Traumatis Kekerasan Seksual Terhadap Anak. Pratyaksa: Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 177–188.

Sayuti, Anni Sa’u Latifatas, Berliani, Mercy Kusuma, Lestari, Sri, Saputra, Donny Dwi, Amalia, Himmatul, Istiq’faroh, Nurul, & Zahroh, Ulfi Aminatuz. (2025). Efektivitas media pembelajaran digital LiBeRu dalam membangun lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan. Tumoutou Social Science Journal, 2(1), 27–41.

Sopiah, Cucu, Syarif, M. Arief, Al Qathi, Zavvira Sabrina, & Kariem, Anjelina. (2025). Pelatihan Proyek Kreatif: Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Usia Dini Pada Guru Paud Kab. Cirebon. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 432–440.

Susiani, Ketut, Utami, Ni Luh Dhea Sherlita, Dewi, Ni Luh Vira Liustika, Astari, Kadek Ayu Dwika Ananda, Hartini, Ayu, & Thomas, Sheila Andrea. (2024). Pendidikan Seksual pada Anak. Nilacakra.

Tanto, Oktavian Dwi. (2025). Strategi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini di Wilayah Lokalisasi Indonesia. Journal of Early Childhood Education Research, 1(1), 21–28.

Widiansyah, Subhan, Hidayat, Serly Putri, Kamil, Sauqi Ichsan, Purba, Ida Dwi Lestari Br, Rahmawati, Usy, & Khairo, Feby Miftah Azmi. (2025). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka:(Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas). Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 344–362.

Downloads

Published

2025-11-12

How to Cite

Harianjah Batara Allo Rerung, Guldemir Silvester Bani, Fadh Mahatva Yudha, Fatimah Azzahrah, & Etika Amalia Sufian. (2025). Tinjauan Literatur Naratif: Efektivitas Media Game Edukasi dalam Pendidikan Body Safety Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(11), 7658–7665. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i11.32555

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.