Tinjauan Literatur Naratif: Efektivitas Media Game Edukasi dalam Pendidikan Body Safety Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i11.32555Keywords:
Game Edukasi, Body Safety, Anak Usia Dini, Tinjauan Literatur, Pencegahan Kekerasan SeksualAbstract
Kasus kekerasan seksual pada anak yang terus meningkat di Indonesia menuntut adanya intervensi preventif yang dimulai sejak usia dini, khususnya melalui Pendidikan Seksual (Body Safety). Implementasi di lembaga PAUD/TK menghadapi tantangan signifikan, yaitu minimnya media pembelajaran yang inovatif dan tingkat kesiapan pendidik (guru) yang masih beragam. Media digital interaktif, seperti game edukasi, menawarkan solusi yang selaras dengan prinsip belajar anak usia dini. Narrative Literature Review (NLR) ini bertujuan untuk mensintesis temuan-temuan terkait efektivitas dan tantangan implementasi permainan edukasi atau media digital interaktif dalam meningkatkan pemahaman body safety pada anak usia dini, serta menganalisis implikasinya terhadap upaya pencegahan Child Sexual Abuse (CSA) dalam konteks Indonesia. Tinjauan literatur dilakukan dengan metode naratif (Narrative Review). Pencarian literatur dilakukan melalui database akademik (Google Scholar, Scopus, ScienceDirect, SINTA) menggunakan Boolean Operator yang mengombinasikan konsep anak usia dini, media digital, body safety, dan efektivitas. Empat artikel utama dipilih karena kemampuannya secara sinergis membahas efektivitas kuantitatif dan tantangan implementasi lokal. Sintesis dari literatur menunjukkan bahwa penerapan aplikasi game edukasi terbukti efektif secara kuantitatif dalam meningkatkan pengetahuan anak mengenai pendidikan seks dan identifikasi bagian tubuh. Namun, efektivitas ini dihadapkan pada dua tantangan utama: kesenjangan metode yang menyebabkan rendahnya pemahaman anak, dan pengetahuan, sikap, serta persepsi pendidik yang heterogen mengenai topik tersebut. Peningkatan pemahaman yang didukung oleh media interaktif ini berkorelasi positif dengan potensi anak untuk memiliki keberanian dalam melaporkan (disclosure) kasus kekerasan. Game edukasi merupakan alat yang layak (feasible) dan efektif untuk meningkatkan pemahaman body safety anak usia dini di Indonesia. Keberhasilan implementasi jangka panjang sangat bergantung pada penguatan kesiapan dan pelatihan pendidik serta pengembangan media yang terstandarisasi untuk mengatasi tantangan yang ada.
References
Adawiyah, Baiq Rabiatul, Saswariaji, Bq Ulan, Izzah, Baedatul, & Fadila, Dayang Yunita. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif Math Playground Terhadap Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 475–481.
Adikusuma, M. P., & Maharani, E. A. (2023). Pengetahuan, Sikap, dan Persepsi tentang Pendidikan Seks pada Pendidik Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 312–321. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.511
Agustin, Mubiar, Rahman, Taopik, & Gustiana, Asep Deni. (2025). Game Edukasi: Sukses Pembelajaran Keaksaraan Anak Usia Dini. Deepublish.
Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3613–3628. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2170
Hazairin, H. Raden Avip Hudfi, Pd, M. M., & Pustaka, Detak. (2025). Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Calon Guru dan Guru Pemula Milenial. Detak Pustaka.
Imanda, Riska, Setiawaty, Sri, Muttakin, Muttakin, Afriyani, Mice Putri, & Khairuddin, Khairuddin. (2025). Edukasi Teknologi Digital untuk Mendukung Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(4), 1527–1532.
Ismiulya, F., Diana, R. R., Na'imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582
Jafar, Sakti Musa, & Wahyudi, Wahyudi. (2025). Analisis Yuridis Terhadap Penegakan Hukum Kasus Pelecehan Seksual Oleh Tenaga Medis Di Indonesia. Dialog Legal: Jurnal Syariah, Jurisprudensi Dan Tata Negara, 1(2), 60–67.
Nareswari, Ardha Zahro. (2025). Integrasi Teknologi Informasi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia; Pendekatan Teori Difusi Inovasi M. Rogers. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 129–137.
Octaviani, W. R., Putri, A. T., Rosmalia, A., Astuti, K., Dewi, B. N. S., & Istiningsih, S. (2025). Desain Model Pembelajaran Literasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun Berbasis Teknologi Interaktif Multisensori. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi Dan Gofisika(GeoScienceEd Jurnal). 6 (1), 488-495. DOI.
Pratiwi, M. R., Mukaromah, M., & Subhiyakto, E. R. (2022). Edukasi Seks Pada Anak Usia Dini melalui Media Digital dengan Metode StoryTelling. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 269–278.
Purwanti, Sri, Hasan, Mustaqim, & Pratiwi, Fransisika. (2025). Studi Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Proses Pembelajaran Di Tk Islam Hidayatullah Tulang Bawang. Jurnal Mubtadiin, 11(01).
Putri, Habibah Afiyanti. (2024). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 754–767.
Ratnawati, Rinta, & Lestari, Gunarti Dwi. (2025). Integrasi Teknologi Dalam Difusi Inovasi Pendidikan: Pendekatan Kepemimpinan Kolaboratif Di Era Digital. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(1), 572–583.
Rifky, Muhammad, Darmawan, Muhammad Rifky, Tahir, Muhammad, Suriansyah, Ahmad, & Cinantya, Celia. (2025). Tantangan dan Solusi Implementasi Pembelajaran Tematik di SDN Gunung Batu. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 205–214.
Saputra, Aqmal Maulana. (2025). Problem Psiko-Sosiologis: Menelaah Dampak Traumatis Kekerasan Seksual Terhadap Anak. Pratyaksa: Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 177–188.
Sayuti, Anni Sa’u Latifatas, Berliani, Mercy Kusuma, Lestari, Sri, Saputra, Donny Dwi, Amalia, Himmatul, Istiq’faroh, Nurul, & Zahroh, Ulfi Aminatuz. (2025). Efektivitas media pembelajaran digital LiBeRu dalam membangun lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan. Tumoutou Social Science Journal, 2(1), 27–41.
Sopiah, Cucu, Syarif, M. Arief, Al Qathi, Zavvira Sabrina, & Kariem, Anjelina. (2025). Pelatihan Proyek Kreatif: Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Usia Dini Pada Guru Paud Kab. Cirebon. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 432–440.
Susiani, Ketut, Utami, Ni Luh Dhea Sherlita, Dewi, Ni Luh Vira Liustika, Astari, Kadek Ayu Dwika Ananda, Hartini, Ayu, & Thomas, Sheila Andrea. (2024). Pendidikan Seksual pada Anak. Nilacakra.
Tanto, Oktavian Dwi. (2025). Strategi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini di Wilayah Lokalisasi Indonesia. Journal of Early Childhood Education Research, 1(1), 21–28.
Widiansyah, Subhan, Hidayat, Serly Putri, Kamil, Sauqi Ichsan, Purba, Ida Dwi Lestari Br, Rahmawati, Usy, & Khairo, Feby Miftah Azmi. (2025). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka:(Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas). Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 344–362.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Harianjah Batara Allo Rerung, Guldemir Silvester Bani, Fadh Mahatva Yudha, Fatimah Azzahrah, Etika Amalia Sufian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.





