Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa

Authors

  • Aliya Fatmawati Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i2.337

Keywords:

Pendidikan Karakter, Disiplin, Siswa

Abstract

Latar Belakang : Disiplin dalam belajar merupakan suatu kebiasaan yang harus dimiliki setiap orang. Dengan disiplin, seseorang akan mendapat pengetahuan secara luas dan menyeluruh tentang suatu ilmu. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi Pendidikan karakter disiplin dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa di SMPI Babussalam dengan sub fokus mencakup strategi perencanaan karakter disiplin siswa dan implementasinya dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data,  teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan karakter disiplin pada SMPI Babussalam menerapkan pendekatan tauladan, pengawasan dan penyadaran. Kesimpulan : Strategi perencanaan pembentukan karakter disiplin siswa SMPI Babussalam dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an, menurut hasil wawancara dengan kepala SMPI Babussalam, untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam hafalan siswa diperlukan keteladaanan, bimbingan dan pengawasan.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Fatmawati , A. ., & Darmiyanti, A. . (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(2), 251–259. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i2.337