Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i2.337Keywords:
Pendidikan Karakter, Disiplin, SiswaAbstract
Latar Belakang : Disiplin dalam belajar merupakan suatu kebiasaan yang harus dimiliki setiap orang. Dengan disiplin, seseorang akan mendapat pengetahuan secara luas dan menyeluruh tentang suatu ilmu. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi Pendidikan karakter disiplin dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an siswa di SMPI Babussalam dengan sub fokus mencakup strategi perencanaan karakter disiplin siswa dan implementasinya dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data, teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan karakter disiplin pada SMPI Babussalam menerapkan pendekatan tauladan, pengawasan dan penyadaran. Kesimpulan : Strategi perencanaan pembentukan karakter disiplin siswa SMPI Babussalam dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an, menurut hasil wawancara dengan kepala SMPI Babussalam, untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam hafalan siswa diperlukan keteladaanan, bimbingan dan pengawasan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aliya Fatmawati , Astuti Darmiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.