Implikasi Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Akuntansi Pada Subsektor Telekomunikasi

Authors

  • Martinus Sony Erstiwan Universitas Dinamika Surabaya, Indonesia
  • Yosef Richo Universitas Dinamika Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i2.343

Keywords:

CSR, Akuntansi, Kinerja Keuangan

Abstract

Latar Belakang : Internet pada kondisi Covid-19 saat ini dimanfaatkan oleh penduduk yang ada di Indonesia dan digunakan pada aktivitas dirumah (Work From Home). Pandemi mengajak dan mengharuskan kita beralih pada pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan : Tujuan dan manfaat terkait dengan bagaimana aktivitas CSR  berdasarkan perspektif prinsip akuntansi. Tanggungjawab sosial yang dilakukan agency kepada masyarakat berawal dari pertanggungjawaban keuangan berdasarkan prinsip transparansi, kewajaran serta kepatuhan dan aturan yang berlaku. Metode : Metode yang digunakan menggunakan data sekunder yang berasal dari BEI, yang tertuju pada bidang telekomunikasi khususnya XL-Axiata dan tahun yang mendasari data adalah 2016-2020. Hasil : Hasil yang dicapai yaitu pada perolehan pendapatan pada tahun 2018 mencapai hasil yang kurang menguntungkan yang berarti masih perlu upaya lebih peningkatan pendapatan yaitu dengan branding, dengan terus melakukan pengulangan pada produk yang dimiliki. Kesimpulan : Kegiatan CSR pada pelaporannya mengikuti pedoman GRI yang disampaikan secara berkelanjutan pada periode berjalan. Saran penelitian yang dilakukan dikemudian hari yaitu memanfaatkan bobot CSR dan implementasi good corporate governance (GCG).

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Sony Erstiwan, M. ., & Richo, Y. . . (2022). Implikasi Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Akuntansi Pada Subsektor Telekomunikasi . Jurnal Sosial Dan Sains, 2(2), 385–396. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i2.343