Pengaruh Reward Intrinsik dan Reward Ekstrinsik Terhadap Kinerja Account Representative Dengan Kepuasan Kerja

Authors

  • Muslikhin Muslikhin Universitas Gajayana Malang, Indonesia
  • Ernani Hadiyati Universitas Gajayana Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i2.346

Keywords:

Reward, Account Representative, Kantor Pelayanan Pajak

Abstract

Latar Belakang : Reward merupakan bentuk pemberian balas jasa yang diberikan kepada seseorang karyawan atas prestasi pekerjaan yang dilakukan, baik berbentuk finansial maupun non finansial. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik variabel reward intrinsik, reward ekstrinsik, kinerja pegawai dan kepuasan kerja; untuk menguji dan menganalisis. Metode : Jumlah populasi hanya sebesar 39 responden dan jumlah tersebut kurang dari 100, maka keseluruhan populasi akan dijadikan responden, sehingga penelitiannya disebut dengan penelitian populasi atau metode sensus. Hasil : Penelitian ini bersifat eksplanatori dan pengumpulan data menggunakan survey. Populasi penelitian sebanyak 40 pegawai yang menduduki jabatan Account Representative termasuk peneliti, agar hasil penelitian lebih objektif maka penulis dikeluarkan dari populasi, sehingga jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 39 pegawai yang menjabat sebagai Account Representative. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Kesimpulan : Pemberian reward intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, sehingga dapat diartikan bahwa semakin baik dan tinggi pemberian reward intrinsik akan meningkatkan kepuasan kerja Account Representative di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pasuruan.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Muslikhin, M., & Hadiyati , E. . (2022). Pengaruh Reward Intrinsik dan Reward Ekstrinsik Terhadap Kinerja Account Representative Dengan Kepuasan Kerja . Jurnal Sosial Dan Sains, 2(2), 286–294. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i2.346