Penerapan Metode Project Base Learning Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Semester Vi Prodi Pgmi
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i10.495Keywords:
Project Base Learning, Kewirausahaan, PGMIAbstract
Latar Belakang: Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Pengalaman belajar peserta didik maupun konsep dibangun berdasarkan produk yang dihasilkan dalam proses pembelajaran berbasis proyek (Afriana, 2015). Alur dalam PjBL mahasiswa harus peka terhadap kondisi sekitar karena mahasiswa akan menemukan project yang akan dibuat.
Tujuan: Tujuan dari penulisan ini untuk menganalisis bagaimana penerapan model PjBL pada mata kuliah kewirausahaan bagi mahasiswa semester VI prodi PGMI.
Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian adalah berjenis kualitatif dengan jenis stiudi kasus penelitian ini bersifat deskritif karen aini menghasilkan data studi kasus berupa gambran mengenai penerapan metode PjBL pada pembelajaran kewirausahaan bagi semeter VI.
Hasil : Project Based Learning (PjBL) dilakukan secara kelompok meskipun tak jarang juga yang dilakukan secara individu (Pradana, 2017).Proses pembelajaran yang dilakukan berkelompok, akanmelatih mahasiswa agar mahasiswa mampu berpikir kritf, komunikatif, bekerja sama dan peka. sikap-sikap inilah yang menjadi sikap wajib yang harus dimiliki oleh wirausaha. Melalui perkulihan kewiruahan, diharapkan mahasiwa mampu memiliki jiwa kewirausahaan yang akan berguna saat mereka lulus kuliah.
Kesimpulan: Mata kuliah kewirausahaan dengan menggunakan metode Project Base Learning yang dilakukan oleh mahasiswa semester VI prodi PGMI dilakukan selam satu semester. Melalui metode PjBL, mahasiswa akan dituntut membuat produk yang nantinya akan ditampilkan dalam bazar kewirausahaan dan sekaligus membekali diri agar memiliki pengetahuan tentang kewirausahaan
References
Fatimah, Fatimah. (2020). Persepsi Mahasiswa PGMI Tentang Mata Kuliah Pendidikan Kewirausahaan Tahun Akademik 2018-2019.
Pradana, Diemas Bagas Panca. (2017). Pengaruh penerapan tools google classroom pada model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01).
Sucipto, Hadi. (2017). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 1(1), 77–86.
Takdir, Dedy, & AS, H. Muhammad. (2015). Kewirausahaan. Penerbit Winajaya Mahadani Karya: Yogyakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kiky Chandra Silvia Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.