Pengaruh Percaya Diri Dan Kecerdasan Emosional Petugas Pengatur Lalu Lintas Terhadap Keselamatan Pengguna Jasa Di Jalan Raya

Authors

  • Ali Rais Anraha a:1:{s:5:"en_US";s:44:"Institut Transportasi dan Logistik Trisakti ";}

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i11.519

Keywords:

Percaya diri, kecerdasan emosional, keamanan pengguna jasa

Abstract

Latar Belakang : Keselamatan pengguna  jasa merupakan bentuk jaminan yang diberikan penyedia jasa terhadap pengguna jasa dimana menunjukkan kondisi yang selamat bagi pengguna jasa. Kondisi dimana pengguna jasa menggenali resiko sehingga resiko tersebut fapat dikendalikan dengan mengurangim menghilangkan, mengambil tindakan pencegahan agar resiko tersebut fapat diterima sesuai standard an prinsip nilai yang sudah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh percaya diri dan kecerdasan emosional petugas polisi lalu lintas terhadap keselamatan pengguna jasa.

Tujuan : tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh percaya diri dan kecemasan emosional petugas pengatur lalu lintas terhadap keselamatan pengguna jasa di jalan raya.

Metode : Metode penggumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan dalam bentuk googleform dengan sampel jenuh sebanyak 40 responden di Kapolestra Cirebon.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung Rasa percaya diri terhadap keselamatan pengguna jasa, Kecerdasan emosional terhadap keselamatan pengguna jasa. Kepercayaan diri terhadap kecerdasan emosional dan pengaruh tidak langsung Rasa percaya diri untuk melayani keamanan pengguna dengan mediasi kecerdasan emosional.

Kesimpulan: Pengaruh langsung secara tidak langsung antara kepercayaan diri terhadap keselamatan pengguna jasa, kecerdasan emosional terhadap keselamatan pengguna jasa dengan mediasi dapat ditingkatkan terhadap keselamatan pengguna jasa.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Rais Anraha, A. (2022). Pengaruh Percaya Diri Dan Kecerdasan Emosional Petugas Pengatur Lalu Lintas Terhadap Keselamatan Pengguna Jasa Di Jalan Raya . Jurnal Sosial Dan Sains, 2(11), 1236–1240. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i11.519