Totemisme di Era Modernisasi: Realitas Masyarakat Adat Manggokal Holi pada Etnis Simalungun Sumatera Utara

Authors

  • Bonita Silalahi Silalahi Universitas Maritime Raja Ali Haji Tanjungpinang
  • Lela Nur Shahida Universitas Maritime Raja Ali Haji Tanjungpinang
  • Matheus Jhontua Dionisius P Universitas Maritime Raja Ali Haji Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.603

Keywords:

Manggokal holi, Masyarakat adat simalungun, Modernisasi, Totemisme merupakan contoh sistem kepercayaan, Sistem kepercayaan

Abstract

Latar Belakang : Dalam masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan, totemisme adalah penggambaran kehidupan manusia di mana tumbuhan dan hewan tertentu dianggap suci. mengacu pada temuan Durkheim tentang totemisme, yang menggambarkan sistem keagamaan yang paling sederhana dan primitif serta simbol organisasi sosial orang tertentu, klan.

Tujuan : Metode penelitian yang bertujuan menemukan dan menggambarkan secara naratif aktivitas, tindakan, dan efek manusia sepanjang hidup mereka. Dalam Rukajat (2018), Creswell (2010) menjelaskan bahwa tujuan penelitian kualitatif adalah memasukkan informasi tentang partisipan penelitian serta fenomena yang diselidiki.

Metode : Menjelaskan bahwa penelitian kualitatif merupakan tradisi tertentu dalam ilmu-ilmu sosial yang pada dasarnya bergantung pada pengamatan terhadap kehidupan manusia. , baik dalam bidang atau peristiwa dengan cara mengidentifikasi item-item yang relevan dengan berbagai kondisi manusia, dunia, tindakan, kepercayaan, dan kepentingan dengan fokus pada perbedaan sehingga menghasilkan jawaban.

Hasil : Praktik totemisme masyarakat simalungun dengan memaknai totemisme sebagai representasi dari tradisi mangokal holi Ketika kelompok-kelompok soa bergabung menjadi satu desa atau negara, masing-masing tuang belulang menyimpan totemismenya sendiri.

Kesimpulan: Modernisasi telah menyentuh realitas kehidupan masyarakat adat simalungun. Bentuk perubahannya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai aspek, antara lain pendidikan.

 

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Silalahi, B. S., Nur Shahida, L. ., & Jhontua Dionisius P, M. . (2022). Totemisme di Era Modernisasi: Realitas Masyarakat Adat Manggokal Holi pada Etnis Simalungun Sumatera Utara. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(12), 1331–1337. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.603