Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.61Keywords:
Peran Guru, Kualitas Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan SosialAbstract
Peran guru merupakan menciptakan suasana pembelajaran yang berkaitan dengan perkembangan seorang siswa. Meningkatkan kualitas pembelajaran IPS merupakan segala daya upaya yang ditempuh seorang guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar dan nilai-nilai sosial yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Kelas IV SD N 3 Terban dan menganalisis faktor apa saja yang menghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Kelas IV SD N 3 Terban.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SD N 3 Terban. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif karena prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan peran guru yang telah dilakukan guru kelas IV diantaranya dengan berperan sebagai informator, organisator, motivator, fasilitator, pembimbing, demonstrator, mediator, dan evaluator. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS guru kelas IV juga telah menambah jam pembelajaran, mengorganisasikan materi, dan menyesuaikan tingkat materi. Faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV antara lain berasal dari faktor internal (minat siswa itu sendiri) dan faktor eksternal (guru).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ardion Rizqi Pramana Putra ardion; Erik Aditya Ismaya, Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.