Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV

Authors

  • Ardion Rizqi Pramana Putra Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditya Ismaya Universitas Muria Kudus
  • Santoso Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.61

Keywords:

Peran Guru, Kualitas Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Peran guru merupakan menciptakan suasana pembelajaran yang berkaitan dengan perkembangan seorang siswa. Meningkatkan kualitas pembelajaran IPS merupakan segala daya upaya yang ditempuh seorang guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar dan nilai-nilai sosial yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Kelas IV SD N 3 Terban dan menganalisis faktor apa saja yang menghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Kelas IV SD N 3 Terban.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SD N 3 Terban. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif karena prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan peran guru yang telah dilakukan guru kelas IV diantaranya dengan berperan sebagai informator, organisator, motivator, fasilitator, pembimbing, demonstrator, mediator, dan evaluator. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS guru kelas IV juga telah menambah jam pembelajaran, mengorganisasikan materi, dan menyesuaikan tingkat materi. Faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV antara lain berasal dari faktor internal (minat siswa itu sendiri) dan faktor eksternal (guru).

Downloads

Published

2021-03-15

How to Cite

Pramana Putra, A. R. ., Ismaya, E. A., & Santoso, S. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(3), 219–227. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.61