Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Umkm di Kabupaten Sleman

Authors

  • Heri Winarto Fakultas Ekonomi, Universitas Proklamasi 45

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i1.671

Keywords:

Disiplin Kerja, Kepemimpinan, Kinerja karyawan, Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Abstract

Latar Belakang : Meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia dalam satu dekade terakhir telah mendorong tingkat konsumsi masyarakat ke arah yang lebih tinggi. Keberadaan dan fungsi perusahaan pembiayaan sebagai salah satu alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya semakin menjadi tidak terpisahkan, terutama pada kalangan kelas bawah dan menengah.

Tujuan : Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, pengaruh  Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja karyawan ,pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, serta pengaruh kepemimpinan, Organizational Citizenship Behavior (OCB), dan disiplin kerja secara bersama – sama terhadap kinerja pegawai.

Metode : Metode yang digunakan penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan kuesioner dalam pengambilan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Karyawan Pt Wom Finance yang berjumlah 40 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sample.

Hasil : Hasil penelitian ini dimana hipotesis pertama sampai dengan yang ketiga yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan secara parsial pada variabel Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan kecuali variabel Organizational Citizenship Behavior (Ocb) tidak terdapat pengasruh secara parsial . Secara Simultan variabel Kepemimpinan (X1), Organizational Citizenship Behavior (Ocb) (X2), dan Disiplin Kerja (X3), erpengaruh dan signifikan terhadap variabel Kinerja Pegawai (Y).

Kesimpulan: Hasil kesimulam yaitu Kepemimpinan pada PT WOM Finance Ciledug termasuk dalam klasifikasi baik atau tidak, berarti secara keseluruhan penerapan Kepemimpinan, Organizational Citizenship Behavior (Ocb) dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT WOM Finance Ciledug, telah berjalan dengan baik.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Winarto, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Umkm di Kabupaten Sleman. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i1.671