Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Smartphone
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i3.716Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, SmartphoneAbstract
Latar Beakang : Media pembelajaran matematika berbasis smartphone ini memuat materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengembangkan media yang dapat membantu guru untuk melaksanakan pembelajaran.
Metode : Penelitian ini dilakukan melalui lima tahap sebagai berikut : (1) Assume, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Peninalian yang dilakukan kepada ahli media mendapatkan persentase 88,0%. Penilaian yang dilakukan oleh ahli pembelajaran mendapatkan persentase 80,83%. Penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan persentase 73,5%. Kepraktisan media pembelajaran ini diperoleh dari hasil angket uji coba kelompok kecil yang mendapat persentase 73,8%. Kepraktisan di uji coba kelompok besar mendapat nilai persentase 88,08%.
Hasil : Hasil keefektifan media pembelajaran ini diambil dari tes soal yang dilakukan pada uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 61,3%. Hasil tes soal yang diperoleh dari uji coba kelompok besar mendapatkan persentase 85,75%. Penelitian media pembelajaran ini sudah memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Media pembelajaran ini masih perlu dikembangkan lagi untuk mendapatkan media yang lebih baik untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kesimpulan: Kesimpluan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis smartphone yang berkualitas untuk digunakan pada pembelajaran menggunakan beberapa kriteria. untuk menilai. Penilaian kelayakan,kepraktisan dan keefektifan media dilakukan oleh dosen dan guru serta uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang diterapkan kepada peserta didik.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muchmad Iksan, Nur Farida, Rosita Dwi Ferdiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.