Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Smartphone

Authors

  • Muchmad Iksan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nur Farida Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Rosita Dwi Ferdiani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i3.716

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Smartphone

Abstract

Latar Beakang : Media pembelajaran matematika berbasis smartphone ini memuat materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengembangkan media yang dapat membantu guru untuk melaksanakan pembelajaran.

Metode : Penelitian ini dilakukan melalui lima tahap sebagai berikut : (1) Assume, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Peninalian yang dilakukan kepada ahli media mendapatkan persentase 88,0%. Penilaian yang dilakukan oleh ahli pembelajaran mendapatkan persentase 80,83%. Penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan persentase 73,5%. Kepraktisan media pembelajaran ini diperoleh dari hasil angket uji coba kelompok kecil yang mendapat persentase 73,8%. Kepraktisan di uji coba kelompok besar mendapat nilai persentase 88,08%.

Hasil : Hasil keefektifan media pembelajaran ini diambil dari tes soal yang dilakukan pada uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 61,3%. Hasil tes soal yang diperoleh dari uji coba kelompok besar mendapatkan persentase 85,75%. Penelitian media pembelajaran ini sudah memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Media pembelajaran ini masih perlu dikembangkan lagi untuk mendapatkan media yang lebih baik untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kesimpulan: Kesimpluan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis smartphone yang berkualitas untuk digunakan pada pembelajaran menggunakan beberapa kriteria. untuk menilai. Penilaian kelayakan,kepraktisan dan keefektifan media dilakukan oleh dosen dan guru serta  uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang diterapkan kepada peserta didik.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Iksan, M., Farida, N., & Dwi Ferdiani, R. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Smartphone . Jurnal Sosial Dan Sains, 3(3), 326–337. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i3.716