Indikator Audit Delay, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Ukuran KAP Pada Perusahaan Pertambangan

Authors

  • Nabila Suci Ramadhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cris Kuntadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rachmat Pramukty Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.734

Keywords:

Audit Delay, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran KAP

Abstract

Latar Belakang : Perkembangan pasar modal yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia kini berkembang pesat. Yang menyebabkan adanya permintaan akan keterbukaan kondisi keuangan suatu perusahaan.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, dan ukuran KAP terhadap audit delay.

Metode : Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yeng terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada 2019-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan dan sampel yang diperoleh sebanyak 22 perusahaan, jadi total sampel adalah 66. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda dengan alat analisis Eviews 12. Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, dan ukuran KAP berpengaruh terhadap audit delay.

Hasil : Hasil penelitian ini  sangat penting dalam suatu riset atau artikel ilmiah. Riset terdahulu atau riset yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan penomena hubungan atau pengaruh antar variable. Artikel ini mereview Indikator Audit Delay : Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Ukuran Kap pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2021, suatu studi literatur audit.

Kesimpulan: Kesimpulan yaitu  guna membangun hipotesis pengaruh antar variabel untuk digunakan pada riset selanjutnya. Hasil artikel literature review ini adalah:  1) profitabilitas berpengaruh terhadap audit delay; 2) solvabilitas berpengaruh terhadap audit delay; dan 3) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap audit delay, 4) ukuran KAP berpengaruh terhadap audit.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Suci Ramadhani, N., Kuntadi , C. ., & Pramukty , R. (2023). Indikator Audit Delay, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Ukuran KAP Pada Perusahaan Pertambangan . Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4), 432–439. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.734