Strategi Industri Hijau, Pengungkapan Laporan Keberlanjutan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan

Authors

  • Theresia Septrina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cris Kuntadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rachmat Pramukty Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.736

Keywords:

industri hijau, pengungkapan laporan berkelajutan, pertumbuhan penjualan nilai perusahan, nilai perusahaan

Abstract

Latar Belakang : Meningkatkan nilai perusahaan adalah tujuan jangka panjang perusahaan. Representasi nilai perusahaan terlihat melalui harga saham, indikator ini menjadi salah satu landasan bagi pemberi modal dalam memutuskan untuk melakukan pendanaan berupa pinjaman (kreditur) maupun penanaman modal (investor). Untuk mencapai peningkatan nilai perusahaan, dibutuhkan peningkatan kualitas kinerja bisnis, melahirkan strategi-strategi yang bersifat berkelanjutan dan dapat membawa manfaat secara internal maupun eksternal, salah satunya dengan menerapkan operasional berbasis industri hijau.

Tujuan : Tujuan penulisan artikel ini guna membangun hipotesis pengaruh antar variabel untuk digunakan pada riset selanjutnya. Hasil artikel literature review ini adalah:  1) strategi industri hijau, berpengaruh terhadap nilai perusahaan; 2) pengungkapan laporan berkelajutan berpengaruh terhadap nilai perusahaan; dan 3) pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari website resmi www.idx.co.id. Sampel adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2017-2021. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Eviews. Riset terdahulu atau riset yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan fenomena hubungan atau pengaruh antar variable. Artikel ini mereview faktor-faktor yang memengaruhi nilai perusahaan, yaitu strategi industri hijau, pengungkapan laporan berkelanjutan, dan pertumbuhan penjualan, suatu studi literatur akuntansi keuangan.

Hasil : Strategi industri hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sehingga apabila kinerja lingkungan semakin tinggi maka akan berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai perusahaan, karena respon pasar akan menggunakan aspek kinerja lingkungan sebagai salah satu indikator untuk menilai perusahaan karena berkaitan dengan keberlanjutan usaha perusahaan, sehingga semakin baik kinerja lingkungan perusahaan, maka nilai perusahaannya pun akan meningkat.

Kesimpulan: Berdasarkan teori, artikel yang relevan dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Strategi industry hijau berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Pengungkapan laporan berkelanjutan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Strategi industry hijau, pengungkapan laporan berkelanjutan dan pertumbuhan penjualan.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Septrina, T., Kuntadi, C. ., & Pramukty , R. (2023). Strategi Industri Hijau, Pengungkapan Laporan Keberlanjutan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4), 425–431. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.736