Strategi Industri Hijau, Pengungkapan Laporan Keberlanjutan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.736Keywords:
industri hijau, pengungkapan laporan berkelajutan, pertumbuhan penjualan nilai perusahan, nilai perusahaanAbstract
Latar Belakang : Meningkatkan nilai perusahaan adalah tujuan jangka panjang perusahaan. Representasi nilai perusahaan terlihat melalui harga saham, indikator ini menjadi salah satu landasan bagi pemberi modal dalam memutuskan untuk melakukan pendanaan berupa pinjaman (kreditur) maupun penanaman modal (investor). Untuk mencapai peningkatan nilai perusahaan, dibutuhkan peningkatan kualitas kinerja bisnis, melahirkan strategi-strategi yang bersifat berkelanjutan dan dapat membawa manfaat secara internal maupun eksternal, salah satunya dengan menerapkan operasional berbasis industri hijau.
Tujuan : Tujuan penulisan artikel ini guna membangun hipotesis pengaruh antar variabel untuk digunakan pada riset selanjutnya. Hasil artikel literature review ini adalah: 1) strategi industri hijau, berpengaruh terhadap nilai perusahaan; 2) pengungkapan laporan berkelajutan berpengaruh terhadap nilai perusahaan; dan 3) pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari website resmi www.idx.co.id. Sampel adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2017-2021. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Eviews. Riset terdahulu atau riset yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan fenomena hubungan atau pengaruh antar variable. Artikel ini mereview faktor-faktor yang memengaruhi nilai perusahaan, yaitu strategi industri hijau, pengungkapan laporan berkelanjutan, dan pertumbuhan penjualan, suatu studi literatur akuntansi keuangan.
Hasil : Strategi industri hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sehingga apabila kinerja lingkungan semakin tinggi maka akan berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai perusahaan, karena respon pasar akan menggunakan aspek kinerja lingkungan sebagai salah satu indikator untuk menilai perusahaan karena berkaitan dengan keberlanjutan usaha perusahaan, sehingga semakin baik kinerja lingkungan perusahaan, maka nilai perusahaannya pun akan meningkat.
Kesimpulan: Berdasarkan teori, artikel yang relevan dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Strategi industry hijau berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Pengungkapan laporan berkelanjutan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Strategi industry hijau, pengungkapan laporan berkelanjutan dan pertumbuhan penjualan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Theresia Septrina, Cris Kuntadi, Rachmat Pramukty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.