Analisis Vegetasi Mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali

Authors

  • Ida Bagus Made Baskara Andika Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.748

Keywords:

analisis vegetasi, ekosistem, indeks nilai penting, mangrove, tahura ngurah rai

Abstract

Latar Belakang : kosistem mangrove merupakan salah satu ekosistem wilayah pesisir yang unik dan rawan. Unik karena ekosistem mangrove merupakan suatu sistem ekologi yang terdiri dari komunitas vegetasi pantai tropis yang didominasi oleh beberapa jenis pohon mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang pada daerah pasang surut pantai berlumpur. Salah satu ekosistem mangrove di Bali berada di Taman Hutan Raya Ngurah Rai.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan mengetahui komposisi jenis dan Indeks Nilai Penting eksosistem mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai. Indeks Nilai Penting dapat memberikan suatu gambaran tentang pengaruh atau peranan suatu jenis tumbuhan mangrove dalam suatu area.

Metode : Analisis vegetasi mangrove dilakukan dengan menggunakan kombinasi antara metoda jalur dan metode garis berpetak.

Hasil : Berdasarkan hasil analisis ditemukan 12 jenis mangrove utama yang terdapat di Tahura Ngurah Rai yaitu S. alba, S. caseolaris, R. apiculata, R. mucronata, R. stylosa, A. lanata, A. marina, B. gymnorrhiza, X. granatum, Lumnitzera racemosa, Aegiceras corniculatum, Ceriops tagal. Jenis mangrove S. alba dan R. apiculata memiliki Indeks Nilai Penting (INP) tertinggi, yang artinya jenis tersebut mempunyai pengaruh dan peranan yang tinggi di ekosistem mangrove Tahura Ngurah Rai.

Kesimpulan: Berdasarkan rumusan masalah diatas, adapun hasil dari penelitian yaitu ditemukan 12 jenis mangrove utama yang terdapat di Tahura Ngurah Rai yaitu S. alba, S. caseolaris, R. apiculata, R. mucronata, R. stylosa, A. lanata, A. marina, B. gymnorrhiza, X. granatum, Lumnitzera racemosa, Aegiceras corniculatum, Ceriops tagal. Jenis mangrove S. alba dan R. apiculata memiliki Indeks Nilai Penting (INP) tertinggi, yang artinya jenis tersebut mempunyai pengaruh dan peranan yang tinggi di ekosistem mangrove Tahura Ngurah Rai.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Bagus Made Baskara Andika, I. (2023). Analisis Vegetasi Mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(5), 450–458. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i5.748