Manajemen Pendidikan Dalam Menanamkan Nilai kesantun Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i5.80Keywords:
Manajemen-Pembelajaran, Akidah Akhlak, Nilai SantunAbstract
Guru merupakan salah satu elemen penting dalam pendidikan di madrasah dan paling bertanggung jawab atas akhlak peserta didik sekaligus nilai santun pada peserta didik. Pendidikan tidak hanya menjadikan siswa pandai dalam pelajaran namun pendidikan yang baik adalah pendidikan yang diberikan Guru untuk mengubah prilaku peserta didik dengan menanamkan akhlak yang baik. Pembelajaran Akidah Akhlak adalah salah satu pembelajaran yang mengarahkan siswa memiliki akhlak yang baik dan nilai santun, namun sangat disayangkan fakta di lapangan masih banyak madrasah di Kabupaten Garut yang tidak menjunjung tinggi nilai santun peserta didik salah satu penyebabnya adalah guru Akidah Akhlak masih belum optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memberikan pendidikan pada peserta didik. Adapun fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1)masih lemahnya menajerial guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai santun di Madrasah Aliyah Ma’arif 1 Malangbong dan Madrasah Aliyah An-Najat Sukawening Kabupaten Garut, 2) untuk mendeskripsikan upaya perbaikan dalam menanamkan nilai santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif 1 Malangbong dan Madrasah Aliyah An-Najat Sukawening Kabupaten Garut. Tujuan Penelitian pada penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai santun peserta didik pada kedua madrasah. 2) untuk mendeskripsikan upaya perbaikan yang dilakukan guru Akidah dalam menanamkan nilai santun peserta didik pada kedua madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Langkah-langkah dalam menyusun penelitian ini dengan menganalisis data yang telah didapatkan diantaranya mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembinaan Guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak sangat berpengaruh pada pelaksanaan nilai santun di kabupaten Garut. Untuk itu secara umum penulis merekomendasikan untuk guru Akidah Akhlak Ma’arif dan An-najat agar selalu mengupayakan perbaikan-perbaikan dalam menanamkan nilai santun peseta didik. Distribusi hasil peneltian ini diharapkan bermanfaat pada kedua madrasah aliyah yang diteliti.Nilai yang diharapkan dari Guru Akidah Akhlak salah satunya nilai teologis yaitu seorang guru yang mampu memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar dengan memberikan pendidikan yang bermutu.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rima Sholihati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.