Manajemen Pendidikan Dalam Menanamkan Nilai kesantun Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak

Authors

  • Rima Sholihati Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i5.80

Keywords:

Manajemen-Pembelajaran, Akidah Akhlak, Nilai Santun

Abstract

Guru merupakan salah satu elemen penting dalam pendidikan di madrasah dan paling bertanggung jawab atas akhlak peserta didik sekaligus nilai santun pada peserta didik. Pendidikan tidak hanya menjadikan siswa pandai dalam pelajaran namun pendidikan yang baik adalah pendidikan yang diberikan Guru untuk mengubah prilaku peserta didik dengan menanamkan akhlak yang baik. Pembelajaran Akidah Akhlak adalah salah satu pembelajaran yang mengarahkan siswa memiliki akhlak yang baik dan nilai santun, namun sangat disayangkan fakta di lapangan masih banyak madrasah di Kabupaten Garut yang tidak menjunjung tinggi nilai santun peserta didik salah satu penyebabnya adalah guru Akidah Akhlak masih belum optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memberikan pendidikan pada peserta didik.  Adapun fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1)masih lemahnya menajerial guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai santun di Madrasah Aliyah Ma’arif 1 Malangbong dan Madrasah Aliyah An-Najat Sukawening Kabupaten Garut, 2) untuk mendeskripsikan upaya perbaikan dalam menanamkan nilai santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif 1 Malangbong dan Madrasah Aliyah An-Najat Sukawening Kabupaten Garut. Tujuan Penelitian pada penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai santun peserta didik pada kedua madrasah. 2) untuk mendeskripsikan upaya perbaikan yang dilakukan guru Akidah dalam menanamkan nilai santun peserta didik pada kedua madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Langkah-langkah dalam menyusun penelitian ini dengan menganalisis data yang telah didapatkan diantaranya mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembinaan Guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak sangat berpengaruh pada pelaksanaan nilai santun di kabupaten Garut. Untuk itu secara umum penulis merekomendasikan untuk guru Akidah Akhlak Ma’arif  dan An-najat agar selalu mengupayakan perbaikan-perbaikan dalam menanamkan nilai santun peseta didik. Distribusi hasil peneltian ini diharapkan bermanfaat pada kedua  madrasah aliyah yang diteliti.Nilai yang diharapkan dari Guru Akidah Akhlak salah satunya nilai teologis yaitu seorang guru yang mampu memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar dengan  memberikan pendidikan yang bermutu.

Downloads

Published

2021-05-15

How to Cite

Sholihati, R. (2021). Manajemen Pendidikan Dalam Menanamkan Nilai kesantun Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(5), 374–385. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i5.80