Digitalisasi Pelayanan Publik (Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Android di Kabupaten Bangka)

Authors

  • Deby Apriliani Universitas Bangka Belitung
  • Bustami Rahman Universita Bangka Belitung
  • Ibrahim Ibrahim Universita Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i4.68

Keywords:

Pelayanan Publik, Inovasi, Implikasi

Abstract

Pelayanan publik merupakan bagian dari kewajiban Pemerintah dalam memenuhi hak-hak warganya. Pada era globalisasi saat ini dengan kemajuan teknologi semakin canggih dan berkembang pesat, Pemerintah Kabupaten Bangka harus memperhatikan keefektifan dan keefesienan dengan menciptakan inovasi baru dalam memberikan pelayanan publik yang prima. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi pelayanan publik berbasis android dan implikasi pelayanan publik berbasis android terhadap masyarakat di Kabupaten Bangka. Penelitian ini menggunakan konsep Pelayanan Publik oleh Lijian Poltak Sinambela, Reformasi Pelayanan Publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang sumber data primernya berasal dari wawancara tidak terstruktur dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan dan juga masyarakat di Kabupaten Bangka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka sudah memanfaatkan teknologi dengan menciptakan inovasi pelayanan “BANGMUDA” (Bangka Mudah Dapat Akta) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, inovasi “Ransel SI DORA” (Rangkul Calon Pendonor, Stok Darah Terintegrasi dalam Aplikasi Donor Darah) dan “Ojek Lansia” di Dinas Kabupaten Bangka. Adapun Implikasi positif dan negatif dari adanya inovasi pelayanan berbasis android. Implikasi positif yaitu (1) prosedur pelayanan, (2) waktu dan penyelesaian, dan (3) estimasi biaya. Sedangkan, implikasi negatifnya yaitu, (1) kurangnya sosialisasi, (2) partisipasi masyarakat kurang, serta (3) pembatasan berkas.  

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Apriliani, D., Rahman, B. ., & Ibrahim, I. (2021). Digitalisasi Pelayanan Publik (Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Android di Kabupaten Bangka). Jurnal Sosial Dan Sains, 1(4), 260–268. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i4.68