Studi Islam dalam Pendekatan Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i6.816Keywords:
pengalaman pengunjung, niat perilaku, perkampungan budaya betawi setu babakanAbstract
Latar Belakang Secara sederhana sosiologi dapat diartikan sebagai ilmu yang menggambarkan tentang keadaan masyarakat lengkap dengan struktur, lapisan, serta berbagai gejala sosial lainnya yang saling berhubungan. Dengan ilmu ini suatu fenomena dapat dianalisa dengan menghadirkan faktor-faktor yang mendorong terjadinya hubungan tersebut, mobilitas sosial serta keyakinan-keyakinan yang mendasari terjadinya proses tersebut.
Tujuan : Untuk mengetahui sub-disiplin sosiologi, mengetahui pendekatan sosiologi, mengetahui pendekatan sosiologis dalam tradisi intelektual islam (ibnu khaldun), mengetahui masalah dan prospek pendekatan sosiologi, mengetahui karya utama dalam studi islam dengan pendekatan sosiologis, dan mengetahui signifikasi dan kontribusi pendekatan sosiologi dalam studi Islam.
Metode : Metode Objek bahasan studi Islam dalam pendekatan sosiologi seperti dalam pembahasan makalah ini, terdapat tiga pendekatan utama sosiologi, yaitu : 1) pendekatan strukturalfungsional, 2) pendekatan konflik atau marxien dan 3) pendekatan interaksionismesimbolis.
Hasil : Hasil penelitian hasil penelitian Beberapa objek pendekatan sosiologi yang digunakan oleh para sosiolog ternyata menghasilkan cara untuk memahami agama dengan mudah. Selain itu memang menurut beberapa sosiolog dan ahli metodologi studi-studi ke-Islaman bahwa agama Islam itu sendiri sangat mementingkan peranan aspek sosial dalam kehidupan beragama.
Kesimpulan: Sosiologi adalah masyarakat, maka ilmu ini sangat cepat berkembang dan bercabang kepada bidang-bidang keilmuan lainnya, sosiologi hukum, sosiologi perkotaan, sosiologi pedesaan, sastra dan lain sebagainya, dan tidak menutup kemungkinan bahwa cabang-cabang sosiologi akan bertambah. Kajian-kajian ke-Islaman yang menggunakan pendekatan sosiologi sangat menarik dan lebih dapat mendekatkan pemahaman terhadap universalitas ajaran Islam itu sendiri. Tetapi kajian-kajian tersebut masih membutuhkan uluran tangan sarjana-sarjana Islam untuk mengembangkannya.
References
Abdillah, S. A. H., & Devi, A. D. (2020). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendekatan Sosiologi. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 143–149.
Adibah, I. Z. (2017). Pendekatan Sosiologis Dalam Studi Islam. INSPIRASI: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 1–20.
Aziz, A. (2020). Kesalehan Sosial dalam Bermasyarakat Islam Modern. Jurnal Mathlaul Fattah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 11(1), 54–70.
Bahreisi, H. (n.d.). Hadits Bukhari-Muslim. Surabaya: Karya Utama, tt.
Ira, M. (2022). Urgensi Pendekatan Sosiologis dalam Studi Islam. Journal of Legal and Cultural Analytics, 1(2), 89–98.
Junaedi, M. (2016). Fiqih Indonesia: Tinjuan Kritis Epistemologi. Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 2(01), 47–70.
Kariim, A. (2016). Ibnu Khaldun Dan Gagasannya Tentang Sosiologi. Jurnal Citra Ilmu, 7, 137–145.
Khoiruddin, M. A. (2014). Pendekatan Sosiologi Dalam Studi Islam. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 25(2), 348–361.
Mahyudi, D. (2016). Pendekatan Antropologi dan Sosiologi dalam Studi Islam. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 2(2).
Nashihin, N., & Muhyidin, M. (2023). Studi Islam dalam Pendekatan Sosiologi. JOSH: Journal of Sharia, 2(01), 33–43.
Rakhmat, J. (2021). Islam Aktual. Mizan Publishing.
Ridwan, M. D. (2001). Tradisi Baru Penelitian Agama Islam: Tinjauan Antardisiplin Ilmu. Bandung: Nuansa.
Sari, A. K., Muhsin, M., & Rozi, F. (2017). Pengaruh motivasi, sarana prasarana, efikasi diri, dan Penyesuaian diri terhadap kemandirian belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 923–935.
Syamsuddin, A. (1997). Agama dan Masyarakat; Pendekatan Sosiologi Agama. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fauziah Hasni, Kambali Kambali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.