Analisis Pengaruh Kinerja Housekeeping Terhadap Kenyamanan Tamu Hotel Pullman Jakarta Central Park
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.920Keywords:
kinerja housekeeping; tangibilitas; kehandalan; responsif; jaminan; empati; kenyamanan tamuAbstract
Latar Belakang: Seiring dengan adanya perkembangan teknologi meningkatkan taraf hidup manusia ke arah yang semakin baik. Pariwisata menjadi salah satu sektor yang berkembang seiring dengan adanya perkembangan jaman dan teknologi. Sehinggal Hotel menjadi suatu kebutuhan penting dalam bidang pariwisata.
Tujuan: untuk mengetahui pengaruh kinerja housekeeping terhadap kenyamanan tamu.
Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, Jumlah sampel yang terkumpul sejumlah 100 responden yang telah memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Data Penelitian yang digunakan adalah data primer yang diolah menggunakan SPSS V.25. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa kelima dimensi kinerja housekeeping memiliki pengaruh berbeda terhadap kenyamanan tamu. Dimensi variabel tangibilitas, kehandalan dan responsif berpengaruh secara parsial terhadap kenyamanan tamu sedangkan, dimensi variabel jaminan dan empati tidak berpengaruh secara parsial terhadap kenyamanan tamu.
Kesimpulan: Secara keseluruhan kinerja housekeeping berpengaruh positif terhadap kenyamanan tamu.
References
Andini, F. B., & Amaliasari, E. N. (2020). Analisa Dimensi Pelayanan Butler Dalam Melayani Tamu Vip Pada Hotel X. EDUTURISMA, 5(1).
Bellia, A. F. (2019). Evaluasi Penerapan Standar Operasional Prosedur Housekeeping Department Dalam Penyediaan Bath Towel di The Acacia Hotel Jakarta Evaluation of The Implementation Of Housekeeping Department Operational Standards In The Provision Of Bath Towel In The Acacia. Prosedur Linen, 3(1), 2.
Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative and mixed methods approaches. London and Thousand Oaks: Sage Publications.
Diana, Y. (2019). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Housekeeping Departement Pada Hotel Bintan Lagoon Resort. Jurnal Manajemen Tools, 53(9), 193–205.
Javelin, A. P., & Apriyanti, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan, Penetapan Harga Dan Fasilitas The Sun Hotel Madiun Terhadap Kepuasan Konsumen. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 4.
Jaya, A. K., & Sinambela, M. F. (2019). Tugas Manajemen Operasional Housekeeping Dalam Meningkatkan Keberhasilan Kerja Housekeeping Department Di Bina Darma Hotel Palembang. Prosiding Semhavok, 1(1), 67–74.
Nurhayati, N., & Rinjani, D. (2021). Strategi Front Office Dalam Meningkatkan Pelayanan Saat Pandemi Covid-19 Di Hotel Candra Dewi Yogyakarta. Jurnal Nusantara, 4(1).
Pratiwi, T. W., Taufik, A. M., & . G. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6681(3), 851–856. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.345
Puriati, N. M., & Darma, G. S. (2021). Menguji Kesiapan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Manajemen Modern Sebagai Penggerak Ekonomi Rakyat. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(2), 319–330.
Putri, A. R., & Kristiutami, Y. P. (2016). Pelayanan Housekeeping Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Di Grandia Hotel Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 1(1).
Setiyaningrum, W. (2018). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan, Penjualan Personal, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Intensitas Menginap Tamu pada Hotel Novotel Semarang. Master Program in Communication Science.
Silaen, N. R., Syamsuriansyah, & Chaerunnisah, R. (2020). Kinerja Karyawan. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Solihin, Damayanti, I. A. K. W., & Suardani, M. (2021). Pengantar Hotel dan Restoran. Pengantar Hotel Dan Restoran, 1–109.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD by Prof. Dr. Sugiyono.
Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran pariwisata. Penerbit Andi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kyiv Vierri, Wening Ramadhani Siti Nawangwulan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.