Analisis Pengaruh Kinerja Housekeeping Terhadap Kenyamanan Tamu Hotel Pullman Jakarta Central Park

Authors

  • Kyiv Vierri Universitas Bunda Mulia
  • Wening Ramadhani Siti Nawangwulan Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.920

Keywords:

kinerja housekeeping; tangibilitas; kehandalan; responsif; jaminan; empati; kenyamanan tamu

Abstract

Latar Belakang: Seiring dengan adanya perkembangan teknologi meningkatkan taraf hidup manusia ke arah yang semakin baik. Pariwisata menjadi salah satu sektor yang berkembang seiring dengan adanya perkembangan jaman dan teknologi. Sehinggal Hotel menjadi suatu kebutuhan penting dalam bidang pariwisata.

Tujuan: untuk mengetahui pengaruh kinerja housekeeping terhadap kenyamanan tamu.

Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, Jumlah sampel yang terkumpul sejumlah 100 responden yang telah memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Data Penelitian yang digunakan adalah data primer yang diolah menggunakan SPSS V.25. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa kelima dimensi kinerja housekeeping memiliki pengaruh berbeda terhadap kenyamanan tamu. Dimensi variabel tangibilitas, kehandalan dan responsif berpengaruh secara parsial terhadap kenyamanan tamu sedangkan, dimensi variabel jaminan dan empati tidak berpengaruh secara parsial terhadap kenyamanan tamu.

Kesimpulan: Secara keseluruhan kinerja housekeeping berpengaruh positif terhadap kenyamanan tamu.

References

Andini, F. B., & Amaliasari, E. N. (2020). Analisa Dimensi Pelayanan Butler Dalam Melayani Tamu Vip Pada Hotel X. EDUTURISMA, 5(1).

Bellia, A. F. (2019). Evaluasi Penerapan Standar Operasional Prosedur Housekeeping Department Dalam Penyediaan Bath Towel di The Acacia Hotel Jakarta Evaluation of The Implementation Of Housekeeping Department Operational Standards In The Provision Of Bath Towel In The Acacia. Prosedur Linen, 3(1), 2.

Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative and mixed methods approaches. London and Thousand Oaks: Sage Publications.

Diana, Y. (2019). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Housekeeping Departement Pada Hotel Bintan Lagoon Resort. Jurnal Manajemen Tools, 53(9), 193–205.

Javelin, A. P., & Apriyanti, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan, Penetapan Harga Dan Fasilitas The Sun Hotel Madiun Terhadap Kepuasan Konsumen. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 4.

Jaya, A. K., & Sinambela, M. F. (2019). Tugas Manajemen Operasional Housekeeping Dalam Meningkatkan Keberhasilan Kerja Housekeeping Department Di Bina Darma Hotel Palembang. Prosiding Semhavok, 1(1), 67–74.

Nurhayati, N., & Rinjani, D. (2021). Strategi Front Office Dalam Meningkatkan Pelayanan Saat Pandemi Covid-19 Di Hotel Candra Dewi Yogyakarta. Jurnal Nusantara, 4(1).

Pratiwi, T. W., Taufik, A. M., & . G. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6681(3), 851–856. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.345

Puriati, N. M., & Darma, G. S. (2021). Menguji Kesiapan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Manajemen Modern Sebagai Penggerak Ekonomi Rakyat. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(2), 319–330.

Putri, A. R., & Kristiutami, Y. P. (2016). Pelayanan Housekeeping Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Di Grandia Hotel Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 1(1).

Setiyaningrum, W. (2018). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan, Penjualan Personal, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Intensitas Menginap Tamu pada Hotel Novotel Semarang. Master Program in Communication Science.

Silaen, N. R., Syamsuriansyah, & Chaerunnisah, R. (2020). Kinerja Karyawan. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).

Solihin, Damayanti, I. A. K. W., & Suardani, M. (2021). Pengantar Hotel dan Restoran. Pengantar Hotel Dan Restoran, 1–109.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD by Prof. Dr. Sugiyono.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran pariwisata. Penerbit Andi.

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Vierri, K., & Nawangwulan, W. R. S. (2023). Analisis Pengaruh Kinerja Housekeeping Terhadap Kenyamanan Tamu Hotel Pullman Jakarta Central Park. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(7), 653–659. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.920