Analisis Faktor Perilaku Wisatawan yang Memengaruhi Keputusan Berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta

Authors

  • Shannen Lachaferty Susilo Program Studi Hospitality & Pariwisata, Universitas Bunda Mulia
  • Wening Ramadhani Siti Nawangwulan Program Studi Hospitality & Pariwisata, Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i6.817

Keywords:

Perilaku Wisatawan, Keputusan Berkunjung, Museum

Abstract

Latar Belakang: Museum Sejarah Jakarta dikenal juga dengan nama Museum Fatahillah merupakan salah satu museum di kawasan Kota Tua Jakarta yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh perilaku wisatawan terhadap keputusan berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang pernah mengunjungi Museum Sejarah Jakarta minimal satu kali.

Hasil: Hasil menunjukkan bahwa perilaku wisatawan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Nilai koefisien determinasi sebesar 0.771 yang berarti variabel perilaku wisatawan berpengaruh sebesar 77.1 %, sedangkan 22,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Faktor psikologis pada variabel perilaku wisatawan memiliki pengaruh yang paling tinggi dibandingkan faktor lainnya.

Kesimpulan: Kesimpulan bahwa variabel perilaku wisatawan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta. Melaui uji regresi keempat dimensi pada variabel perilaku wisatawan dinyatakan bahwa dimensi psikologis memiliki pengaruh yang paling besar terhadap keputusan berkunjung.

References

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82.

Budiman, I. (2019). Perancangan Interior Museum Sejarah Kerajaan Pajajaran Di Bogor. Universitas Komputer Indonesia.

Daniar Paramita, R. W., Rizal, N., Sulistyan, R. B., Taufiq, M., & Dimyati, M. (2021). Manajemen Industri Kreatif. Widya Gama Press.

Djamil, H. F., & Handayani, N. (n.d.). Analisis Kebijakan Instrumen Investasi Efek Beragun Aset Syariah (Eba Syariah) Di Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Efendi, N., Ginting, S. O., & Halim, J. (2020). Citra Merek , Kualitas Produk , Promosi , Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(2), 102–112.

Hendrik, H. (2020). Tidak ada waktu: Studi tentang alasan tidak mengunjungi museum. Kebudayaan, 15(1), 27–40.

Keliwar, S., & Nurcahyo, A. (2015). Motivasi dan persepsi pengunjung terhadap obyek wisata desa budaya pampang di Samarinda. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 12(2).

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of marketing 17th ed.(Global Ed.). Harlow: Pearson.

Kristiutami, Y. P. (2017). Pengaruh Keputusan Berkunjung Terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Geologi Bandung. Jurnal pariwisata, 4(1), 53–62.

Muhid, A. (2012). Analisis Statistik 5 langkah praktis analisis statistik dengan SPSS for Windows. Zifatama jawara.

Priliandani, N. M. I., Pradnyanitasari, P. D., & Saputra, K. A. K. (2020). Pengaruh persepsi dan pengetahuan akuntansi pelaku usaha mikro kecil dan menengah terhadap penggunaan informasi akuntansi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 8(1), 67–73.

Samiaji, I., Siwi, S. H., & Fatimah, T. (2023). Kajian Perubahan Fungsi Dan Karakteristik Elemen Fisik Ruang Publik Plaza Taman Fatahillah Jakarta dari Masa VOC Hingga Masa Sekarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3011–3022.

Subhiksu, I. B. K., & Utama, G. B. R. (2018). Daya Tarik Wisata Museum Sejarah dan Perkembangannya di Ubud Bali. Deepublish.

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif solusi model pembelajaran untuk mengatasi resiko penurunan capaian belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemic covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90.

Trisnawati, N., & Idaman, N. (2019). Motivasi pengunjung mengunjungi museum di kawasan kota tua Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 2(1), 125–136.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Lachaferty Susilo, S., & Nawangwulan, W. R. S. (2023). Analisis Faktor Perilaku Wisatawan yang Memengaruhi Keputusan Berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(6), 619–626. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i6.817

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.