Problematika Pendidikan Era Pandemi Covid-19: Suatu Kajian Psikologi Dan Implementasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Roy Imbing Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i1.295

Keywords:

Problematika pendidikan, Corona Virus, dampak psikologi, pendidikan agama kristen

Abstract

Latar Belakang : Corona virus mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat saat ini, mulai dari kesehatan, ekonomi dan terkhusus dunia pendidikan. Situasi ini membuat seluruh lapisan pendidikan berpikir keras untuk melanjutkan sisa semester. Tujuan : Menjadi sebuah tatanan perilaku individu dalam peranya sebagai warga Negara. membentuk anak menjadi warga negara yang baik. Metode : Tulisan ini termasuk penelitian kualitatif, yaitu kajian pustaka dari beberapa literature yang berkaitan dengan judul materi serta media-media lainnya seperti berita dari beberapa media online. Penulis menyelidiki problematika pendidikan era pandemic dari sudut pandang psikologi dan implikasinya dalam pendidikan agama Kristen dengan membaca beberapa konsep, teori dan gagasan yang telah dipublikasikan sebelumnya. Hasil : Pengembangan usaha kecil dan mikro syariah, bukan semata-mata langkah yang harus  diambil oleh Pemerintah  dan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah. Pihak usaha kecil dan mikro syariah sendiri sebagai pihak internal yang dikembangkan, dapat mengayunkan langkah bersama-sama dengan Pemerintah. Karena potensi yang mereka miliki mampu menciptakan kreatifitas usaha dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikanoleh pemerintah. Kesimpulan : Sesuai dengan pembahasan materi dan implikasinya terhadap PAK, maka dapat disimpulkan bahwa, pendidikan harus tetap berjalan karena pendidikan adalah kunci untuk membangun pola pikir dan pola hidup naradidik baik secara kognitiif, afektif, psikomotorik dan spiritualitas.

Downloads

Published

2022-01-15

How to Cite

Imbing, R. (2022). Problematika Pendidikan Era Pandemi Covid-19: Suatu Kajian Psikologi Dan Implementasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i1.295