Penerapan 13 Budaya Akhlak Yang Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sdit Ibnu Khaldun Panambangan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.685Keywords:
Budaya, Sekolah Religius, Karakter SiswaAbstract
Latar Belakang : Sekolah perlu menyadari keberadaan peran budaya di sekolah akan memengaruhi dalam pembentukan karakter pada siswa. Dengan adanya berbagai penyimpangan karakter pada siswa, diharapkan melalui budaya sekolah siswa dapat membentuk karakter melalui suatu pembiasaan yang dilakukan disekolah.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan 13 Budaya Akhlak Yang Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SDIT Ibnu Khaldun di Panambangan.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi.
Hasil : Hasil penelitian Budaya sekolah religius di SDIT Ibnu Khaldun Panambangan setiap harinya meliputi 1) Bersalaman, mencium tangan dengan benar. 2) Basmallah, ucapkan bismillah setiap awal pekerjaan. 3) Berbagi, memberi kepada yang membutuhkan. 4) Bertanggung jawab, meminta izin dan mengembalikan setiap meminjam barang dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa peran budaya sekolah religius dapat membentuk karakter pada siswa 5) Dahulukan yang kanan, makan,minum menggunakan tangan kanan. 6) Hamdallah, ucapkan alhamdulillah setiap akhir kegiatan. 7) Jaga kebersihan, buanglah sampah pada tempatnya. 8) Larangan makan, makan dan minum tidak boleh berdiri 9) Memaafkan, saling memaafkan kepada sesama. 10) Peduli lingkungan, merawat tumbuhan dengan hati. 11) Salam, mengucapkan assalamualikum 12.) Sopan santun, bungkukan badan saat melewati orang yang lebih tua. 13) Terimakasih, ucapkan terimakasih setiap di bantu.
Kesimpulan: Lingkungan sangat mempengaruhi karakter seorang anak apabila anak tumbuh dilingkungan yang baik maka anak akan tumbuh dengan karakter yang baik, tetapi akhir akhir ini dikarenakan tumbuhnya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan kurang adanya pengawasan yang lebih untuk itu perlunya pendidikan karakter yaitu untuk membantu siswa supaya memiliki kebiasaan dan perilaku baik dalam kehidupan sehari harinya baik dirumah, sekolah maupun masyarakat.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lita Puspita Sari, Nur Azizah , Ayu Alfiati, Siti Anesa , Etna Liana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.