Dampak Pengembangan Karir dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pns Melalui Mediasi Motivasi Kerja

Authors

  • Hadi Setyabudi Pramono Institut Transportasi Dan Logistik Trisakti
  • Lira Agusinta Institut Transportasi Dan Logistik Trisakti
  • Peppy Fachrial Institut Transportasi Dan Logistik Trisakti
  • Okin Ringan Purba Institut Transportasi Dan Logistik Trisakti
  • Olfebri Institut Transportasi Dan Logistik Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i1.673

Keywords:

Kinerja, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Pegawai Negeri Sipil, Pengembangan Karir

Abstract

Latar Belakang : Direktorat Perhubungan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memiliki rencana kerja yang merupakan salah satu proses yang menjelaskan bahwa atasan dan bawahan akan bersinergi untuk membuat rencana berbagai pekerjaan yang akan dilakukan pada tahun mendatang.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan lingkungan kerja terhadap kinerja PNS.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian yang diambil sebanyak 65 sampel. Data dikumpulkan melalui instrumen berupa lembar pernyataan dengan model skala Likert yang telah diuji. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier, korelasi sederhana, parsial atau simultan dan analisis jalur.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan untuk meningkatkan kinerja PNS dapat dilakukan dengan mengoptimalkan lingkungan kerja melalui peningkatan motivasi kerja. Motivasi kerja sebagai mediator kausal pengembangan karir dan lingkungan kerja terhadap kinerja PNS. Hasil penelitian menggambarkan perkembangan kinerja PNS Direktorat Perhubungan Jalan Ditjen Hubdat.

Kesimpulan: Hasil kesimulam yaitu pengembangan karir berpengaruh langsung terhadap kinerja PNS. Berdasarkan temuan tersebut, peningkatan kinerja PNS dapat dilakukan dengan meningkatkan efisiensi pengembangan karir. Pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap kinerja PNS menyimpulkan bahwa peningkatan kinerja dapat dilakukan dengan mengoptimalkan lingkungan kerja.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Setyabudi Pramono, H., Agusinta, L. ., Fachrial, P. ., Ringan Purba, O., & Olfebri, O. (2023). Dampak Pengembangan Karir dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pns Melalui Mediasi Motivasi Kerja. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i1.673