Analisis Pengaruh Green Manufacturing, Green Distribution, Dan Reverse Logistics Dalam Membangun Green Supply Chain Management

Authors

  • Lira Agusinta a:1:{s:5:"en_US";s:42:"Institut Logistik & Transportasi, Jakarta ";}
  • Sandriana Marina Institut Logistik & Transportasi, Jakarta
  • Peppy Fachrial Institut Logistik & Transportasi, Jakarta
  • Yuwono Dwisilo Sucipto Institut Logistik & Transportasi, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i11.524

Keywords:

Manajemen Rantai Pasokan Hijau, Manufaktur Hijau, Distribusi Hijau

Abstract

Latar Belakang : Perkembangan industri dan kepedulian konsumen terhadap lingkungan hidup yang semakin meningkat serta isu tentang konsep industri yang berwawasan lingkungan telah memaksa industri melakukan penyesuaian dengan konsep Green Supply Chain Management dalam membangun konsep tersebut Green Manufacturing, Green Distribution & Reverse Logistics menjadi penunjang dalam penerpan nya.

Tujuan :. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh green manufacturing, green distribution, dan reverse logistics dalam membangun green supply chain management.

Metode : Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode kuantitatif, dengan jumlah sampel penelitian diambil secara random sebanyak 70 orang.

Hasil : Data dihimpun melalui instrument dalam bentuk lembar pernyataan dengan model skala likert yang telah diuji coba. Penelitian menggunakan teknis regresi linear, korelasi sederhana, parsial maupun simultan dan analisis jalur.

Kesimpulan: Untuk pengaruh langsung antara variabel Green Manufacturing, Green Distribution & Reverse Logistics terhadap Green Supply Chain Management diatas dapat disimpulkan bahwa dalam membangun Green Supply Chain Management, memiliki urutan yaitu Reverse Logistics sebesar 0.499 atau 49.9%, Green Distribution 0.263 atau 26.3% dan Green Manufacturing sebesar 0.123 atau 12.3%.terdapat pengaruh tidak langsung Green Manufacturing terhadap Green Supply Chain Management melalui Reverse Logistics.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Agusinta, L., Marina, S. ., Fachrial, P. ., & Dwisilo Sucipto, Y. . (2022). Analisis Pengaruh Green Manufacturing, Green Distribution, Dan Reverse Logistics Dalam Membangun Green Supply Chain Management . Jurnal Sosial Dan Sains, 2(11), 1189–1197. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i11.524