Analisis Pengaruh Variasi Menu Terhadap Keputusan Pembelian di Verandah Restaurant Eastparc Hotel Yogyakarta

Authors

  • Patricia Ayudia Agriffina Br Sembiring Universitas Bunda Mulia
  • Roels Ni Made Sri Puspadewi Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.921

Keywords:

variasi menu; keputusan pembelian; pelanggan; restoran

Abstract

Latar Belakang: Sekarang ini pariwisata termasuk dalam salah satu bisnis yang dilirik oleh orang-orang karena memiliki peluang besar. Industri pariwisata memiliki peranan cukup penting dalam membuka lapangan pekerjaan dalam suatu wilayah, dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut sehingga dapat berkembang. Salah satunya yaitu adalah Eastparc Hotel Yogyakarta.

Tujuan: untuk mengetahui apakah variasi menu memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pelanggan di Verandah Restaurant, Eastparc Hotel Yogyakarta.

Metode: Metode di dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan korelasi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang dilakukan secara online dengan menggunakan google form kepada 100 responden. Hasil kuesioner kemudian diolah dengan alat bantu berupa SPSS versi 25.

Hasil: Hasil  penelitian menunjukkan berdasarkan uji Koefisien Determinasi Variasi Menu dapat menjelaskan 82,3% variabel Keputusan Pembelian, sedangkan 17,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan uji regresi linear sederhana, koefisien regresi X menunjukkan angka 0,727 oleh karena itu setiap penambahan 1% pada variasi menu maka keputusan pembelian akan bertambah 0,727.

Kesimpulan: Melalui hasil uji T dapat dilihat bahwa variabel variasi menu berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Al Idrus, S. (2021). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian: Konsep danTeori. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Ardhani, N. R. (2016). Upaya Pastry Section Menjaga Kualitas Produk Bakery Di Hotel Eastparc Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 7(1).

Cresswell, J. W. (2017). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Pustaka Belajar.

Guntur, G. (n.d.). Upaya Profesionalisme Kerja Waiter untuk Peningkatan Pelayanan Tamu di The Grand Palace Hotelyogyakarta. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 6(1), 489963.

Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 90–107.

Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar manajemen hospitality. Penerbit NEM.

Isnandini, N., & Suhermin, S. (2018). Pengaruh Pengalaman Konsumen Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Kepuasan Dan Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 7(4).

Katrin, I. L., & Setyorini, H. D. (2016). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Javana Bistro Bandung. The Journal Gastronomy Tourism, 3(2), 75–83.

Komang, N., Pratiwi, O., Ekonomi, J. P., & Ekonomi, F. (2019). Anaklisis SWOT untuk Meningkatkan Kunjungan Wisata di Objek Wisata Goa Gajah Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar Tahun. In Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha (Vol. 11, Issue 1).

Krestanto, H. (2019). Strategi Dan Usaha Reservasi Untuk Meningkatkan Tingkat Hunian Di Grand Orchid Hotel Yogyakarta. Media Wisata, 17(1).

Marcellino, L., Ellitan, L., & Muljani, N. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Repurchase Intention Dimediasi Oleh Customer Satisfaction Pada Restoran X Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 10(1).

Pratiwi, N. K. O. (2019). Analisis Swot Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisata Di Objek Wisata Goa Gajah Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 95–105.

Santoso, I. (2016). Peran kualitas produk dan layanan, harga dan atmosfer rumah makan cepat saji terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. The Asian Journal of Technology Management, 15(1), 94.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yakup, A. P. (2019). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Universitas Airlangga.

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Sembiring, P. A. A. B., & Puspadewi, R. N. M. S. (2023). Analisis Pengaruh Variasi Menu Terhadap Keputusan Pembelian di Verandah Restaurant Eastparc Hotel Yogyakarta. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(7), 678–685. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.921