Analisis Faktor yang Memengaruhi Keputusan Menginap di Novotel Tangerang semasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nathania Ekafitri Universitas Bunda Mulia
  • Roels Ni Made Sri Puspadewi Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.967

Keywords:

Harga; fasilitas; penerapan protokol kesehatan; keputusan menginap; hotel

Abstract

Latar Belakang : Berkembangnya industri pariwisata memberikan dampak pada industri sehingga masing-masing industri memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, fasilitas, dan penerapan protokol kesehatan terhadap keputusan menginap di Novotel Tangerang semasa pandemi covid-19.

Metode : Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penyebaran kuesioner menggunakan platform Google Form yang disebarkan pada 100 responden yang telah menginap di Novotel Tangerang selama periode 2020-2022. Hasil kuesioner yang telah diperoleh diolah menggunakan bantuan SPSS 25. .

Hasil: Berdasarkan hasil dari penelitian ini, pada hasil uji statistik deskriptif menunjukkan bahwa masing-masing variabel harga, fasilitas, dan penerapan protokol kesehatan memiliki nilai rata-rata yang tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel harga, fasilitas dan penerapan protokol kesehatan terhadap keputusan menginap di Novotel Tangerang di masa pandemi covid-19. Hasil uji T (parsial) menunjukkan bahwa masing-masing variabel harga, fasilitas, dan penerapan protokol kesehatan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan menginap. Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa variabel harga, fasilitas, dan penerapan protokol kesehatan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan menginap.

Kesimpulan : Berdasarkan hasil uji statistik deskriptif mean penilaian dengan dimensi tertinggi terdapat dapat pada faktor penerapan protokol kesehatan dan mean terendah pada faktor harga.

References

Annishia, F. B., & Prastiyo, E. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 4(1), 19–28.

Azhar, M. Z. (2022). Analisis Strategi Bersaing Hotel Dalam Menghadapi Persaingan Kompetitif Di Masa Pandemic Covid 19 (Studi Kasus Pada Horison Ultima Bhuvana Ciawi). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Hartono, R., Agustin, D., & Mustika, N. A. (2022). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menginap Saat Pandemi Covid-19. Kalianda Halok Gagas, 4(2), 101–119.

Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar manajemen hospitality. Penerbit NEM.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-prinsip pemasaran, vol. 12, no. 01. Erlangga: Jakarta. Edisi.

Kreatif, K. P. D. E., & Kreatif, B. P. D. E. (2020). Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Hotel Edisi Juli 2020. Jakarta: Kemenparekraf.

Kurniawan, R., & Lim, J. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pemilihan Hotel (Studi Pada Hotel Nagoya Hill Batam). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1227–1237.

Marie, A. L., & Widodo, R. E. (2020). Analisis Faktor Kunjungan Wisatawan Mancanegara dan Tingkat Penginapan Hotel Terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sub Sektor Pariwisata pada Industri Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(3), 1411–1527.

Natashia, M. A., & Rahmawati, P. I. (2023). Strategi Bali Paragon Resort Hotel untuk Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Pemasaran Staycation. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 188–193.

Rahmawati, D., Kristanto, T., Pratama, B. F. S., & Abiansa, D. B. (2022). Prediksi Pelaku Perjalanan Luar Negeri Di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 338–343.

Rivaldo, Y. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pemilihan hotel. jurnal as-said, 1(1), 98–106.

sugiyono. (2019). metode penelitihan pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan penelitian pendidikan) (apri nurya).

Syahfitri, N. (2022). Pengaruh Harga Kamar, Fasilitas dan Lokasi Hotel terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Taman Simalem Resort Merek Hills Lake Toba. Prosiding Seminar Nasional Sosial, Humaniora, Dan Teknologi, 876–885.

Yandi, F. S., Baiti, M., & Purba, A. S. (2018). Pengaruh lokasi, harga dan fasilitas hotel terhadap keputusan menginap pelanggan.

Yulita, H. (2021). Sulitnya Penerapan Social Distancing Di Kota Tangerang. Pusaran Komunikasi Di Tengah Badai Covid-19, 53.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Ekafitri, N., & Puspadewi, R. N. M. S. (2023). Analisis Faktor yang Memengaruhi Keputusan Menginap di Novotel Tangerang semasa Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(7), 733–740. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i7.967