Permainan Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Keberhasilan Membaca pada Siswa SDN 32 Sungai Jaring

Authors

  • Nurhasnah Nurhasnah SD Negeri 32 Sungai Jaring

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.158

Keywords:

Permainan kartu bergambar, kemampuan membaca, Bahasa Indonesia

Abstract

Pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan permainan kartu bergambar (flashcard) pada siswa kelas 1 SD Negeri 32 Sungai Jaring Tahun Ajaran 2018/2019 dan untuk meningkatkan kemampuan membaca Permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan tiap siklusnya dengan jumlah siswa sebanyak 10 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan media gambar dalam pembelajaran dapat mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 32 Sungai Jaring dibandingkan dengan pembelajaran yang sebelum menggunakan media gambar. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 30 %, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 60 %, pada siklus II meningkat menjadi 90%.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Nurhasnah, N. (2021). Permainan Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Keberhasilan Membaca pada Siswa SDN 32 Sungai Jaring. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 715–725. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.158