Permainan Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Keberhasilan Membaca pada Siswa SDN 32 Sungai Jaring
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.158Keywords:
Permainan kartu bergambar, kemampuan membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan permainan kartu bergambar (flashcard) pada siswa kelas 1 SD Negeri 32 Sungai Jaring Tahun Ajaran 2018/2019 dan untuk meningkatkan kemampuan membaca Permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan tiap siklusnya dengan jumlah siswa sebanyak 10 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan media gambar dalam pembelajaran dapat mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 32 Sungai Jaring dibandingkan dengan pembelajaran yang sebelum menggunakan media gambar. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 30 %, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 60 %, pada siklus II meningkat menjadi 90%.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurhasnah Nurhasnah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.