Analisa Etika dan Keterampilan Terhadap Tingkat Pelanggaran Lalu Lintas (Roda Dua) di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i8.447Keywords:
Etika, Keterampilan, Kecelakaan, Roda duaAbstract
Latar Belakang: Presentase tingkat kecelakaan lalu lintas dari tahun 2015-2019 terus meningkat rata-rata 4,87% per tahun, sedangkan pada tahun 2021 terjadi 103.645 kecelakaan dimana sepeda motor menyumbang 73% dari total kejadian. Data tersebut membuktikan bahwa pelanggaran lalu lintas adalah budaya di negeri ini dan pengedara roda dua merupakan ancaman bagi pengguna jalan lainnya.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisai penyebab kecelakaan dari sudat pandang pengendara roda dua. Lalu lintas sebagai urat nadi perekonomian berubah menjadi arena pertunjukkan mengenai rendahnya etika dan keterampilan berkendara di seluruh Indonesia, sementara produsen otomotif banyak menghadirkan roda dua dengan sentimeterr kubik yang makin besar nyatanya tidak bisa dimanfaatkan dengan benar oleh konsumen.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi serta studi literatur
Hasil:. Terdapat unsur kesengajaan dan ketidakpeduliaan pengendara terhadap tingkat keselamatan dalam berlalu lintas yang disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia. Maraknya kecelakaan juga dipicu dari modifikasi yang berlebihan, mereka sepertinya mengerti apa yang baik buat roda duanya sehingga berhasrat merubah/mengganti atribut motornya tanpa mempertimbangkan sisi kelayakan.
Kesimpulan: Banyak yang perlu diperbaiki atau salah dengan pengedara roda dua di Indonesia, budaya melanggar diturunkan dari generasi ke generasi sehingga angka kecelakaan tidak berkurang
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hery Gunawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.