Kurikulum Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i9.481Keywords:
Pendidikan, Kurikulum, IslamAbstract
Latar Belakang: Kurikulum pendidikan Islam adalah semua aktivitas, pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja dan secara sistematis diberikan oleh pendidik kepada anak didik dalam rangka tujuan pendidikan Islam, maka kurikulum pendidikan Islam itu merupakan satu komponen pendidikan agama berupa alat untuk mencapai tujuan. Ini bermakna untuk mencapai tujuan pendidikan agama (pendidikan Islam) diperlukan adanya kurikulum yang sesuai dengan tujuan pendidikan Islam dan bersesuaian pula dengan tingkat usia, tingkat perkembangan kejiwaan anak dan kemampuan pelajar
Tujuan: Menganalisis kurikulum pedidikan islam di Indonesia, serta menganalisis solusi perbaikan kurikulum pendidikan islam
Metode : Deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data diperoleh melalui teknik penelitian kepustakaan (library study) yang mengacu pada sumber yang tersedia baik online maupun offline
Hasil: Dalam melaksanakan pendidikan Islam diperlukan beberapa faktor yang turut menunjang berhasil atau tidaknya suatu proses pendidikan. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor pendidik, faktor anak didik dan faktor lembaga pendidikan, Prinsip dasar kurikulum pendidikan Islam adalah sebagai berikut pertama, berjalan sempurna dengan ajaran Islam, membangun keseimbangan dunia dan akhirat, menempatkan pendidik dalam posisi terhormat.
Kesimpulan: Solusi perbaikan kurikulum pendidikan islam terimplementasi melalui didirikannya, berbagai inovasi pengembangan madrasah telah dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian. Ketika Mukti Ali menjabat sebagai Menteri Agama, ia menawarkan konsep alternatif pengembangan madrasah sebagai mana yang sempat penulis singgung di atas, yakni melalui SKB 3 Menteri, yang berusaha menyejajarkan kualitas madrasah dengan non-madrasah, dengan porsi kurikulum 70 % umum dan 30 % agama.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Saiwanto Saiwanto, Mommed Alghiffar Alwlid, Abdul Haris, Syamsul Rizal Yazid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.