Kurikulum Pendidikan Islam

Authors

  • Saiwanto Saiwanto Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur
  • Mommed Alghiffar Alwlid Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur
  • Abdul Haris Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur
  • Syamsul Rizal Yazid Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i9.481

Keywords:

Pendidikan, Kurikulum, Islam

Abstract

Latar Belakang: Kurikulum pendidikan Islam adalah semua aktivitas, pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja dan secara sistematis diberikan oleh pendidik kepada anak didik dalam rangka tujuan pendidikan Islam, maka kurikulum pendidikan Islam itu merupakan satu komponen pendidikan agama berupa alat untuk mencapai tujuan. Ini bermakna untuk mencapai tujuan pendidikan agama (pendidikan Islam) diperlukan adanya kurikulum yang sesuai dengan tujuan pendidikan Islam dan bersesuaian pula dengan tingkat usia, tingkat perkembangan kejiwaan anak dan kemampuan pelajar

Tujuan: Menganalisis kurikulum pedidikan islam di Indonesia, serta menganalisis solusi perbaikan kurikulum pendidikan islam

Metode : Deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data diperoleh melalui teknik penelitian kepustakaan (library study) yang mengacu pada sumber yang tersedia baik online maupun offline

Hasil: Dalam melaksanakan pendidikan Islam diperlukan beberapa faktor yang turut menunjang berhasil atau tidaknya suatu proses pendidikan. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor pendidik, faktor anak didik dan faktor lembaga pendidikan, Prinsip dasar kurikulum pendidikan Islam adalah sebagai berikut pertama, berjalan sempurna dengan ajaran Islam, membangun keseimbangan dunia dan akhirat, menempatkan pendidik dalam posisi terhormat.

Kesimpulan: Solusi perbaikan kurikulum pendidikan islam terimplementasi melalui didirikannya, berbagai inovasi pengembangan madrasah telah dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian. Ketika Mukti Ali menjabat sebagai Menteri Agama, ia menawarkan konsep alternatif pengembangan madrasah sebagai mana yang sempat penulis singgung di atas, yakni melalui SKB 3 Menteri, yang berusaha menyejajarkan kualitas madrasah dengan non-madrasah, dengan porsi kurikulum 70 % umum dan 30 % agama.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Saiwanto, S., Alghiffar Alwlid, M. ., Haris, A., & Rizal Yazid, S. . (2022). Kurikulum Pendidikan Islam . Jurnal Sosial Dan Sains, 2(9), 1039–1050. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i9.481