Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Ekowisata di Taman Hutan Raya

Authors

  • Herbin Saragi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i1.664

Keywords:

Pemberdayaan, Pengembangan Ekowisata, Taman Hutan Raya

Abstract

Latar Belakang : Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan dan memberdayakan taraf hidup masyakarat  serta pengembangan ekonomi dalam sector wisata, program pengembangan ekowisata yang melibatkan warga dalam pengembangannya.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui waktu pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan ekowisata di taman hutan raya.

Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder.

Hasil : Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwasanya masyarakat masyarakat sangat setuju bahwa ekowisata ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dan di dalam ekowisata terdapat prinsip-prinsip meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat local. Masyarkat merasa diberikan pekerjaan  dan mendapat penghasilan.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bentuk pemberdayaan masyakarat di wilayah ekowisata taman raya kuningan ialah masyarakat berperan membantu pengelola menjadi petugas disekitar area kebun raya, selanjutnya mereka diperbolehkan berjualan  di area yang sudah ditetapkan oleh pengelola.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Saragi, H. . (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Ekowisata di Taman Hutan Raya. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(1), 66–71. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i1.664