Analisis Dampak Wisata Bahari Karimunjawa dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir

Authors

  • Herbin Saragi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i1.665

Keywords:

Ekonomi Masyarakat, Karimunjawa, Pariwisata Bahari

Abstract

Latar Belakang : Penelitian ini merupakan studi pustaka terhadap ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak wisata bahari karimunjawa dalam peningkatan ekonomi masyarakat pesisir.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui analisis dampak wisata bahari karimunjawa dalam peningkatan ekonomi masyarakat pesisir.

Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data diperoleh melalui teknik penelitian kepustakaan yang mengacu pada sumber yang tersedia baik online maupun offline seperti: jurnal ilmiah, buku dan berita yang bersumber dari sumber terpercaya.

Hasil : Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keberadaan wisata bahari di Pulau Karimunjawa memberi dampak yang cukup signifikan bagi perekonomian masyarakat lokal.

Kesimpulan: Dapat disimpilkan bahwa dari adanya kesempatan lapangan pekerjaan yang terbuka dengan adanya atraksi pariwisata. Perubahan mata pencaharian merupakan pengaruh yang dirasakan secara langsung oleh masyarakat dalam jangka waktu pendek.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Saragi, H. . (2023). Analisis Dampak Wisata Bahari Karimunjawa dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(1), 27–39. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i1.665