Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kepuasan Pasien di RSU Royal Prima Medan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i8.991Keywords:
good corporate governance, kepuasan pasien, organizationAbstract
Latar Belakang: Penerapan GCG dalam bisnis organisasi merupakan kunci keberhasilan organisasi dan memungkinkan untuk menghasilkan keuntungan jangka panjang dan memberikan layanan yang berkualitas. Di Indonesia, banyak masalah dengan penerapan GCG yang buruk dalam operasi organisasi di masa lalu. Pengaplikasian GCG semakin penting karena tentunya akan meningkatkan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dari organisasi kesehatan.
Tujuan: Untuk menganalisa pengaruh kewajaran (fairness) terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSU Royal Prima Medan dan Untuk menganalisa pengaruh transparansi (disclosure and transparency) terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSU Royal Prima Medan
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional survey. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi pada penelitian ini seluruh pasien di rawat inap RSU Royal Prima Medan pada saat penelitian.
Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh kewajaran (fairness) terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSU Royal Prima Medan, Ada pengaruh transparansi (disclosure and transparency) terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSU Royal Prima Medan. Ada pengaruh akuntabilitas (accountability) terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSU Royal Prima Medan. Ada pengaruh responsibilitas (responsibility) terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSU Royal Prima Medan. Variabel yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di RSU Royal Prima Medan adalah variabel kewajaran (fairness).
Kesimpulan: Dalam analisis penelitian ini terdapat pengaruh Good Corporate Governance terhadap kepuasan pasien di RSU Royal Prima Medan.
References
Alwi, V. A. P. (2020). Makalah Penyakit Menular Dan Covid-19 (vania X MIA 3).
Astuti, D. (2017). Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(3), 65–72.
Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018). Analisis perkembangan industri transportasi online di era inovasi disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 149–156.
Creswell, J. W. (2021). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.
Ekawati, S., & Andriani, H. (2022). Strategi bauran pemasaran pelayanan kesehatan rumah sakit Yadika Pondok Bambu pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama, 3(02 Januari), 2073–2083.
Kurniawati, R., Suwanto, S., & Ismansyah, R. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Motivasi Kunjungan Pasien di PUSKESMAS Air Putih Samarinda Tahun 2014.
Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 2–7.
Muhammad Arifki, Z., & Ahmad, G. (2019). Kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan dengan tingkat kepatuhan minum obat penderita tuberkulosis paru. Holistik: Jurnal Kesehatan, 13(4), 381–388.
Muhyiddin, M. (2020). Covid-19, new normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252.
Mustopa, R., Ahsaina, N. A., & Rais, Y. (2021). Pelatihan dan pengembangan manajemen sumber daya manusia di masa pandemi covid-19. Jurnal Sosial Dan Teknologi, 1(3), 166–174.
Pertiwi, A. (2017). Analisis perbedaan kualitas pelayanan pada pasien bpjs dan pasien umum terhadap kepuasan pasien di rawat jalan rsud kota surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 113–121.
Soekidjo, N. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 131–132.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuatitatif Kualitatif dan R&D (Pertama). CV. ALFABETA.
Sukur, A., Amin, B. F., & Arif, M. (2020). Edukasi olahraga dan kesehatan masyarakat di masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, SNPPM2020P-134.
Sulasmi, E., Sibuea, M. B., Eriska, P., & AirLangga, E. (2020). COVID 19 & KAMPUS MERDEKA Di Era New Normal. Kumpulan Buku Dosen.
Suryanto, A., & Refianto, R. (2019). Analisis pengaruh penerapan good corporate governance terhadap kinerja keuangan. Jurnal Bina Manajemen, 8(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aditya Azri Rizki, Chrismis Novalinda Ginting, Ali Napiah Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.