Tinjauan Lama Waktu Pendistribusian Rekam Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Kanker Dharmais

Authors

  • Wahyu Darmansyah Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Siswati Siswati Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Nanda Aula Rumana Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Liliy Widjaja Universitas Esa Unggul, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.568

Keywords:

Lama waktu, Waktu Pendistribusian, Rekam medis, Rawat jalan

Abstract

Latar Belakang : Waktu pendistribusian rekam medis pasien rawat jalan merupakan bagian dari indikator mutu pelayanan rekam medis. Semakin cepat pendistribusian rekam medis sampai ke poliklinik maka semakin cepat pula pelayanan yang diberikan kepada pasien.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui waktu pendistribusian rekam medis pasien rawat jalan di Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk menjelaskan fenomena dengan menggunakan angka yang mewakili karakteristik subjek penelitian. Sampel penelitian ini adalah rekam medis pasien rawat jalan klinik kandungan berjumlah 105 rekam medis, menggunakan teknik pengambilan sampel (Incidental/Convenience Sampling).

Hasil : Hasil dari penelitian dapat diketahui dari 37 (35,23%) rekam medis sudah memenuhi waktu pendistribusain rekam medis yang sesuai dengan SPM (Standar Pelayanan Minimal) ≤ 10 menit, sedangkan 68 (64,76%) rekam medis belum memenuhi SPM, Waktu tercepat dalam pendistribusian rekam medis yaitu 5 menit, sedangkan waktu terlama dalam pendistribusian rekam medis adalah 20 menit.

Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah Rumah Sakit Kanker Dharmais telah memiliki SPO tentang pendistribusian yang di terbitkan pada 12 november 2019, namun belum menyebutakan standar waktu distribusi rekam medis. Dari 105 rekam medis rawat rawat jalan ditemukan 37 rekam medis tepat waktu, dan 68 rekam medis terlambat dalam melakukan pendistrbusian, Faktor yang paling berpengaruh dalam keterlambatan distribusi rekam adalah rekam medis tidak ditemukan dalam rak penyimpanan.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Darmansyah, W., Siswati, S., Aula Rumana, N. ., & Widjaja, L. . (2022). Tinjauan Lama Waktu Pendistribusian Rekam Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(12), 1251–1256. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.568