Tinjauan Kebutuhan Rak dan Ruang Penyimpanan Rekam Medis di Rumkital Marinir Cilandak Jakarta Selatan

Authors

  • Wahyudi Prasetyo Univeritas Esa Unggul
  • Siswati Univeritas Esa Unggul
  • Deasy Rosmala Dewi, Universitas Esa Unggul
  • Puteri Fannya Univeritas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.688

Keywords:

Gambaran Kebutuhan Rak, Luas Ruang Penyimpanan Rekam Medis

Abstract

Latar Belakang : Mengacu pada latar belakang permasalahan yang ada maka rumusan masalah adalah menghitung kebutuhan jumlah rak penyimpanan rekam medis dan luas ruang penyimpanan rekam medis.Penelitian dilakukan, pada bulan November 2021 sampai dengan Agustus 2022 dibagian Rekam Medis Rumkital Marinir Cilandak . Berlokasi di Jl. Raya Cilandak KKO Kompl Marinir Cilandak Timur Jakarta selatan,DKI Jakarta.

Tujuan : Tujuan khusus yaitu Menghitung  jumlah kunjungan pasien rawat jalan, rawat inap dan UGD, menghiyung rata-rata pertumbuuhan rekam medis, mengukur ketebalan rekam medis, menghitung kebtuhan rak penyimpanan rekam medis, dan menghitung luas ruang penyimpanan rekam medis.  .

Metode : Metode Penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan memperoleh gambaran dan melihat langsung kebutuhan rak rekam medis di Rumkital Marinir CilandakBerdasarkan hasil penelitian tentang Tinjauan Kebutuhan Rak Dan Ruang Penyimpanan Rekam Medis Di Rumkital Marinir Cilandak Jakarta Selatan.

Hasil : Hasil penelitian jumlah kunjungan pasien rawat jalan,rawat inap, dan UGD dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2021 berjumlah 544.915 pasien.dengan jumlah kunjungan pasien sebanyak 544.915,sesuai dengan bertambahnya pasien baru setiap harinya,maka jumlah dan ketebalan rekam medis akan bertambah pula sehingga akan berpengaruh akan kebutuhan rak penyimpanan rekam medis.

Kesimpulan: Dapat diambil kesimpulan bahwa kunjungan pasien ditahun 2016 sampai dengan tahun 2021 terjadi ketidak stabilan,diketahui ada penurunan yang signifikan pada 2020,dan mengalami peningkatan kembali ditahun 2021.Rata-rata pertumbuhan rekam medis dalam 3 tahun terakhir minus.akibat penurunan jumlah kunjungan pasien terlebih lagi diperburuk pandemi COVID-19.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Prasetyo, W., Siswati, S., Rosmala Dewi, D. ., & Fannya , P. . (2023). Tinjauan Kebutuhan Rak dan Ruang Penyimpanan Rekam Medis di Rumkital Marinir Cilandak Jakarta Selatan. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(2), 125–131. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.688