Tinjauan Kelengkapan Laporan Operasi Sectio Caesarea Di Rsud Kembangan 2022

Authors

  • Adil Hidayat Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Lily Widjaja Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Deasy Rosmala Dewi Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Puteri Fannya Universitas Esa Unggul, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.590

Keywords:

Laporan Operasi, Sctio Caesarea, Rekam Medis

Abstract

Latar Belakang : Laporan Operasi merupakan catatan dokter terkait langkah langkah yang dilakukan saat pembedahan pasien. Laporan operasi harus segera dibuat setelah pembedahan dan dimasukkan dalam rekam kesehatan.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelengkapan pengisian laporan operasi pasien operasi caesar di RSUD Kembangan.

Metode : Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif dengan analisis kuantitatif, untuk menggambarkan kelengkapan pengisian laporan operasi di RSUD Kembangan.

Hasil : Berdasarkan  hasil penelitian mengenai Standar Prosedur Operasional pengisian lembar laporan operasi caesar di RSUD Kembangan Jakarta sudah ada, dimana sudah terdapat Standar Prosedur Operasional (SPO) yang mengatur tentang pengisian laporan operasi di RSUD Kembangan tetapi belum semua prosedur terlaksana, 2 point prosedur yang belum terlaksana dimana belum adanya buku catatan yang mencatat laporan operasi yang belum diisi dan pengisian laporan operasi masih dilaksanakan di ruang rawat inap, belum tersedianya buku catatan yang mencatat laporan operasi yang belum diisi. Hasil analisis kuantitatif dari 79 laporan operasi didapatkan kelengkapannya dengan persentase 96,3%.

Kesimpulan: Dampak dari ketidaklengkapan laporan operasi yaitu ada beberapa berkas yang tidak lengkap yang tidak dapat dipakai sebagai barang bukti yang sah bila dibutuhkan dipengadilan, menggangu proses keberlanjutan proses pengobatan, bagi pasien bpjs klaim menjadi terhambat, membuat proses kelanjutan pengobatan terganggu karna riwayat pengobatan pasien tidak lengkap, tidak lengkapnya laporan operasi juga berpengeraruh terhadap akreditasi rumah sakit.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Hidayat, A., Widjaja, L. ., Rosmala Dewi, D. ., & Fannya, P. . (2022). Tinjauan Kelengkapan Laporan Operasi Sectio Caesarea Di Rsud Kembangan 2022. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(12), 1267–1272. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i12.590