Kesiapan Belajar Mandiri Pembelajaran E-Learning pada Masa Covid-19 Mahasiswa Kedokteran Malahayati Angkatan 2017
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i3.62Keywords:
Kesiapan Belajar Mandiri, E-Learning, Mahasiswa KedokteranAbstract
Self Directed Learning Readiness(SDLR) merupakan kesiapan personal untuk bisa belajar mandiri Dengan adanya pandemi Mahasiswa menerapkan metode E-learning, Kemampuan individu dalam mengatur,bertangung jawab dalam pembelajaran dengan bantuan teknologi E-learning, kemudahan akses dan komunikasi antara mahasiswa dan dosen didukung Aplikasi pembelajaran dalam bentuk media audio,video maupun Aplikasi belajar seperti google classroom dan yang lainya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan belajar mandiri pelaksanaan metode E-learning pada masa COVID-19 Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian : Didapatkan responden penelitian 283 dengan tingkat SDLR dengan metode E-learning terbanyak dengan kategori tinggi berjumlah 272 responden (96,1%) untuk SDLR rendah 11 responden (3,9%) sesuai dengan penelitian sebelumnya bahwa salah satu faktor SDLR adalah kematangan dimana mereka sudah mengetahui tujuan belajar mereka sendiri dapat mengatur diri mereka, memiliki perencanaan dalam pembelajaran penelitian ini juga didapatkan aspek tertinggi dan terendah, pada aspek tertinggi didominasi oleh kesiapan manajemen diri dimana manajemen diri berkaitan erat dengan manajemen waktu dan untuk aspek terendah didominasi pada keinginan untuk belajar Tingkat kesiapan belajar mandiri dengan metode E-learning masuk dalam kategori tinggi dimana mahasiswa yang memiliki SDLR tinggi memiliki manajemen diri , keinginan untuk belajar serta dapat mengontrol dirinya dan mereka yang memiliki tangung jawab terhadap pembelajaranya, inisitaif terhadap pembelajaranya
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sri Maria Puji Lestari, Vira Sandayanti, Naura Shabrina Alfino, Devita Febriani Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.