Peran Pemerintah Menstabilkan Inflasi dengan Kebijakan Moneter dalam Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Novita Ramadhani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Anggy Sthela Oktaviany Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Arkaan Satria Utama Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i2.1171

Keywords:

Monetary, Policy, Inflation, Islamic Economy, Economy

Abstract

Latar Belakang: Menstabilkan inflasi dengan ini kebijakan moneter dalam persepektif islam memiliki berbagai pendapat dan tindakan yang dilakukan peran pemerintah.

 

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis peran pemerintah terhadap inflasi dengan kebijakan moneter dalam pandangan islam dan konvensional.

Metode: Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif bersifat deskriptif, dan menggunakan data skunder yang bersumber dari jurnal, artikel, dan berbagai buku-buku terkait inflasi dengan kebijakakn moneter dalam persepektif islam.

Hasil: Inflasi merupakan faktor terbesar makro yang sering dilibatkan terhadap perekonomian. Sehingga sangat mengakibatkan tingkat pengangguran, kesulitan mendapatkan kerja, dan juga naiknya inflasi. Pencapaian inflasi ini sangat rendah, hal ini akan memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian. Dengan adanya peran pemerintah yang menggunakan kebijakan moneter, hal ini sangat penting bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan perekonomian tetap berada pada titik keseimbangan. Dimana variabel kebijakan moneter (jumlah uang beredar, dan suku bunga), dan stabilitas ekonomi (inflasi, kurs, dan produk domestik bruto). Stabilitas ekonomi, terutama dalam mengendalikan tingkat inflasi, merupakan tujuan utama pemerintah untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

Kesimpulan: Dalam konteks ini, kebijakan moneter harus mendorong investasi yang produktif, menghindari spekulasi berlebihan, dan memastikan bahwa distribusi kekayaan dan keuntungan bersifat adil dan berkelanjutan. Dengan demikian, upaya stabilisasi ekonomi tidak hanya mencapai tujuan praktis tetapi juga selaras dengan nilai-nilai moral dan etika yang dijunjung tinggi dalam perspektif ekonomi Islam.

References

Amin Akbar, I. A. (2022). "Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Syariah Di Indonesia." Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, Vol. 2 No. 2 Hal 236-249.

Amirotul Nur’Azmi Naqiyya, N. H. (2022). "Pengendalian Inflasi Di Indonesia Perspektif M. Umer Chapra." Jurnal Studi Ekonomi Syariah, Vol. 7 No. 1 Hal 50-65.

Amri, H. (2016). "Kebijakan Moneter Pada Awal Pemerintahan Islam Dalam Pembangunan Perekonomian (Studi Analisis Pada Masa Rasulullah SAW dan Sahabat)." Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, Vol. 1 No. 01 Hal 9-24.

Asyari Hasan, M. A. (2022). "Islamic Monetary Tradition and Practice: A Historical Approach." Journal Al-‘Adl, Vol. 15 No. 1.

Azharsyah Ibrahim, E. A. (2021). "Pengantar Ekonomi Islam." Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah – Bank Indonesia.

Azwar Karim, A. (2004). "Ekonomi Makro Islami." Jakarta: PT Grafinfo Persada.

Fadila, A. &. (2020). "Peran Pemerintah Dalam Ekonomi Islam." Journal Iqtishadia, Vol. 6 No. 1.

Fadilla. (2017). "Perbandingan Teori Inflasi Dalam Perspektif Islam dan Konvensional." Journal Islamic Banking, Vol. 2 No. 2.

Hariyanto, M. (2019). "Perspektif Inflasi Dalam Ekonomi Islam." Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 2 Hal 79-95.

Hasan, A. (2015). "Seigniorage Dalam Perspektif Moneter Islam." Jurnal Ilmiah Syariah, Jilid 14 No. 1.

Mahmud, A. d. (2010). "Bank Syari’ah Teori, Kebijakan, Dan Studi Empiris Di Indonesia." Jakarta: Pratama Erlangga.

Mansur, A. (2011). "Peran Bank Syariah Di Dalam Pembangunan Ekonomi." Journal El-Qist, Vol. 1, No. 1.

Mansur, A. (2013). "Kebijakan Moneter dan Implikasinya terhadap Pembangunan Ekonomi dalam Perspektif Islam." Jurnal Tsaqafah, Vol. 9 No. 1.

Mujiatun, S. (2014). "Kebijakan Moneter Dan Fiskal Dalam Islam." Jurnal Ekonomikawan, Vol. 14 No.1.

Mulyani, R. (2020). "Inflasi dan Cara Mengatasinya dalam Isl." Jurnal Studi Islam & Sosial, Vol. 1 No. 2 Hal 267-278.

Pohan, A. (2008). "Potret Kebijakan Moneter Indonesia." Jakarta: Rajawali Pers.

Sadono, S. (2010). "Pengantar Teori Makro Ekonomi." Jakarta: Raja Grafindo.

SE.I, M. F. (n.d.). "Konsep Moneter Islam Dan Solusinya Terhadap Penanggulangan Guncangan Ekonomi." Hal 99-116.

Setiawan, I. (2020). "Analisis Peran Perbankan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia : Bank Syariah Versus Bank Konvensional." Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 8 No. 1 Hal 52-60.

Siti Rahmatia Napu, M. S. (2022). "Uang Dan Moneter Dalam Sistem Keuangan Islam." Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 3 No. 1.

Wahyudi, A. (2013). "Kebijakan Moneter Berbasis Prinsip-Prinsip Islam." Justicia Islamica, Vol. 10 No. 1.

Warjiyo, P. (2017). "Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia." Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Yeni Puspita, R. T. (2023). "Makroekonomi Islam & Pembangunan Berkelanjutan." Sada Kurnia Pustaka

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Ramadhani, N. ., Sthela Oktaviany, A. ., & Arkaan Satria Utama, M. . (2024). Peran Pemerintah Menstabilkan Inflasi dengan Kebijakan Moneter dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(2), 186–195. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i2.1171