Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Restoran di Kota Bogor

Authors

  • Kusuma Dewi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan, Indonesia
  • Zahra Dini Alfiani Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan, Indonesia
  • Erli Yulia Cahyani Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i2.1226

Keywords:

Kepatuhan, Wajib Pajak, Pajak Restoran

Abstract

Latar Belakang : Pajak merupakan kontribusi wajib yang terutang kepada negara oleh orang pribadi maupun badan dan bersifat memaksa berdasarkan Undang – Undang yang tidak mendapatkan imbalan secara langsung, namun digunakan untuk keperluan negara yaitu kemakmuran rakyat. Adapun pajak dibagi menjadi dua jenis yaitu pajak pusat dan pajak daerah. Dimana salah satu pajak daerah adalah pajak restoran. Kepatuhan wajib pajak adalah suatu keadaan dimana wajib pajak harus mampu memenuhi kewajiban dalam membayar pajak.

 

Tujuan:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, pemahaman wajib pajak, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, penerapan e-system pajak dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak restoran yang telah terdaftar di Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dimana data diperoleh dari data primer berupa kuesioner yang disebar kepada Wajib Pajak Restoran sebanyak 94 wajib pajak yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 22.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, pemahaman wajib pajak, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, penerapan e-system pajak, dan sanksi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Bogor.

Kesimpulan: banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak terdapat faktor internal dan faktor eksternal dari kepatuhan wajib pajak tersebut.

Downloads

Published

2024-02-17

How to Cite

Dewi, K., Dini Alfiani, Z. ., & Yulia Cahyani , E. (2024). Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Restoran di Kota Bogor. Jurnal Sosial Dan Sains, 4(2), 107–123. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v4i2.1226