Analisis Campuran Kode Bahasa Toraja Terhadap Pemahaman Siswakelas Ii dalam Proses Pembelajaran SDN 1 Bangkelekila
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i3.32087Keywords:
Campur kode bahasa toraja, pemahaman, proses pembelajaranAbstract
Campuran kode dalam proses pembelajaran sering terjadi dan dapat membantu pemahaman siswa tetapi juga beresiko menimbulkan kesalahpahaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana campuran kode bahasa toraja terhadap pemahaman siswa kelas II dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN 1 Bangkelekila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data dihasilkan dari observasi, wawancara berupa rekaman dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk campuran kode yang diperoleh dalam proses pembelajaran berupa campuran kode intra-sentesial berbentuk kata dan frasa, inter-sentential berbentuk kalimat, dan situasional yang terjadi karena keadaan yang dilakukan pembicara dan pribadi pembicara. Penggunaan campuran kode bahasa toraja dilakukan oleh guru dapat mempengaruhi pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dengan lebih baik dan lebih meningkat. Pemahaman-pemahaman siswa ini dapat dilihat dari siswa mampu menyebutkan dan menjelaskan kembali konsep atau definisi yang diajarkan, siswa dapat mengerjakan soal atau tugas yang diberikan, siswa mampu memberikan pendapat mereka, siswa mampu menyimpulkan pembelajaran, siswa aktif bertanya dan berpartisipasi didalam kelas
References
Alfandi, A. D., & Laksono, K. (2021). Pemanfaatan Campur Kode Bahasa Daerah Dan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pengantar Di Kelas III SDN Tulangan. Bapala, 8(5), 103–109.
Arifianti, Ika. (2023). Sosiolinguistik. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media.
Astari, R., Mutiawati, D., & Faturrahman, M. I. (2021). Krisis Identitas Arab pada Tuturan Alih Kode dan Campur Kode Bara Masoud. Journal of Arabic Studies, 6(2), 249–262.
Bustam, M. R., Prihandini, A., & Heriyati, N. (2018). Alih Kode dan Campur Kode Pada Pola Komunikasi Dosen Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) di Aplikasi Kuliah Online UNIKOM: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Penelitian Humano, 9(1), 278–295.
Daruhadi, G., & Pia, S. (2024). Metode Pengumpulan Data Penelitian. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 5423–5443.
Dewi, S. Z., & Ibrahim, H. T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136.
Dewi, Z. N. K., Putri, A. W., Sari, D. K., Praharsari, S. A., Sumaryanti, E. D., Sayyidah, K. N., & Asror, A. G. (2023). Alih Kode dan Campur Kode antara Guru dan Siswa Saat Pembelajaran di SMP. Prosiiding: Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra, 854–865.
Dhenggo, K. F., & Wahyuningsih. (2023). Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik 3B SDN Gembira. Aremben: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(1), 19–21.
Etik, Harsia, & Kartini. (2022). Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Toraja dengan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X SMK Kristen Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 429–435.
Julianti, U. (2021). Bentuk Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Drama Siswa Kelas Xi Ips 5 SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. PIKTORIAL: Journal of Humanities, 3(1), 20–30.
Khairi, M., Ghassani, N., Anjani, S. T., & Devianty, R. (2024). Penerapan Penggunaan Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar Di Lingkungan Sekolah SMP Swasta Al-Washliyah 5 Hamparan Perak. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(4), 1535–1547.
Koko. (2020). Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Ppkn Melalui Penerapan Model Take and Give. Journal Civics & Social Studies, 4(1), 95–101.
Manurung, B. F., Marbun, L. M., Harahap, J. C., Sitompul, S. A., Nahor, J. M. B., Sihaloho, L. E., & Wulan, E. P. S. (2024). Analisis Campur Kode Dalam Acara Podcast Deddy Corbuzier Dengan Fiki Naki Oh Fiki Naki. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 2(1), 211–229.
Muhlis Achmad. (2021). Sosiolinguistik Dasar. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Noviyanti, S., & Amelia, L. (2022). Hubungan Penggunaan Bahasa Daerah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.
Oktaviani, U. D., Astuti, S., Kurniati, A., & Naben, I. (2023). Analisis Pengaruh Bahasa Campur Kode Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas 1 SDN 24 Trans Melanjan. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 121–133.
Saka, B. G. S., Pakiding, A., Rubianus, & Silka. (2022). Identifikasi Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Besaran Dan Satuan Di Sma 4 Toraja Utara. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 237–243.
Setiani, N., Roza, Y., & Maimumah. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2286–2297.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Ponorogo: CV Nata Karya (Vol. 53, Issue 9, p. 228).
Sulistiyowati, & Fathurohman, I. (2024). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Era Industri Kreatif di SDN Bakaran Wetan 03. JANACITTA: Journal Of Primary and Childern’s Education, 7(1), 38–45.
Zebua, A. M., Bate’e, F. S., Laia, F. H., & Harefa, N. A. J. (2024). Analisis Campur Kode Bahasa Daerah Nias dalam Proses Pembelajaran di SMP Swasta Idanoi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 4153–4162
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Olivia Cintia Marendeng, Susanna Vonny Noviana Rante, Hendrik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.





